English English Indonesian Indonesian
oleh

Jemaah Ziarahi Makam Mbah Moen: Sudah Empat Tahun Jenazah Masih Utuh

FAJAR, MAKKAH-Makam Mbah Moen, sapaan KH Maimoen Zubai, selalu ramai oleh peziarah.  Terutama ba’sa subuh Mbah Moen dimakamkan di Al Ma’la. Lokasinya tidak jauh dari  Masjidil Haram. Hanya sekira 1 km di sebelah utara Kakbah. Dari terminal bus Syib Amir, tinggal berjalan kaki sekitar 500 meter. 

Makam Mbah Moen meski catnya sudah pudar namun oleh pemerintah Arab Saudi tidak dibongkar sebagaimana makam lainnya. Aturan di sana, setiap empat tahun, makam-makam akan dibongkar dan diisi jenazah baru. Namun makam Mbah Moen saat dibongkar, jenazahnya masih utuh. Kebijakan pemerintah Arab Saudi, bila jasad masih utuh, makam tidak akan dibongkar. Maka, sampai sekarang jasad Mbah Moen masih berada di kompleks pemakaman Ma’la. 

Bagi yang tidak mengetahui letak makam Mbah Moen bisa cari di Google Map. Akan langsung muncul petunjuk lokasi. Untuk mencari makam Mbah Moen di kompleks pemakaman juga tidak sulit. Tanya saja petugas kebersihan di makam tersebut. Semua tahu. “Setiap hari jemaah dari Indonesia datang menanyakan makam Mbah Moen,” ujar Abdurrahman, petugas kebersihan di kompleks pemakaman Al Ma’la kepada tim Media Center Haji (MCH) Senin, 10 Juni 2024.  

Makam Mbah Moen berada di nomor 151, baris keempat. Kalau ada batu yang sudah pudar catnya, itulah makam Mbah Moen. 

Senin ba’da subuh, ada sepuluh orang duduk bersimpuh mengitari makam Mbah Moen. Mereka membaca surat Yasin dan tahlil di sekitar makam tersebut. 

“Saya ke sini ‘sowan’ Mbah Moen sekaligus ziarah ke makam Siti Khadijah (istri Nabi Muhammad SAW),” ujar Ali Mas’ud, jamaah haji asal Batang, Jawa Tengah.  

Ali sudah sering ke ziarah ke makam Mbah Moen karena sudah beberapa kali umrah. Di musim haji kali ini saja Ali sudah tiga kali ziarah ke makam Mbah Moen. Ia bukan santri Ponpes Al-Anwar. “Tapi Mbah Moen dulu sering datang ke Batang untuk pengajian. Saya selalu hadir,” kata Ali. 

Saking ramainya peziarah yang datang ke makam Mbah Moen, peziarah dari negara lain sampai penasaran. “Itu makam siapa kok ramai,” tanya peziarah asal Turkiye kepada tim MCH.  

Mbah Moen wafat pada 6 Agustus 2019, pukul 04.17 Waktu Arab Saudi (WAS) di Rumah Sakit An Noer, Makkah, karena sakit. 

Tak jauh dari makam Mbah Moen, sekitar 50 meter, ada makam istri Nabi Muhammad SAW, Siti Khadijah. Makam istri pertama Rasulullah itu dipagari. Peziarah tidak bisa masuk ke makam tersebut. Peziarah hanya bisa berdiri dan mengirim doa dari balik pagar.  (er-mch)

News Feed