English English Indonesian Indonesian
oleh

Jelang Iduladha, Mendagri Ingatkan Pemda tak Terlena

FAJAR, JAKARTA—Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengingatkan pemerintah daerah (pemda) tidak terlena kendati inflasi secara nasional terkendali sebesar 2,84 persen per Mei 2024.

Menurut Tito, mereka tidak boleh terlalu euforia, apalagi kondisi inflasi di masing-masing daerah masih beragam, bahkan ada yang di atas rerata nasional.

“Tapi, angka nasional ini kita juga jangan terlalu euforia, karena angka ini tidak menggambarkan kesamaan di tingkat lokal,” kata Tito dalam keterangan resmi, Senin (10/6/2024).

Mantan Kapolri itu menyebut 10 daerah yang angka inflasinya tinggi berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per 9 Juni 2024.

Pada level provinsi, daerah tersebut yakni Papua Tengah, Gorontalo, Papua Barat, Riau, Sumatera Utara, Papua Selatan, Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Bengkulu, dan Kepulauan Riau.

Sedangkan di tingkat kabupaten, yakni Nabire, Minahasa Selatan, Kampar, Gorontalo, Minahasa Utara, Tolitoli, Pasaman Barat, Karo, Labuhanbatu, dan Aceh Tengah.

Untuk tingkat kota, 10 daerah yang angka inflasinya tinggi yaitu Ambon, Padangsidimpuan, Sibolga, Medan, Dumai, Pematangsiantar, Batam, Bukittinggi, Tual, dan Padang.

Tito mengimbau kepala daerah yang angka inflasinya masih tinggi dapat lebih bekerja keras dalam melakukan pengendalian inflasi. Kepala daerah kata dia harus mampu menemukan penyebab tingginya inflasi, apakah dari aspek suplai atau distribusi barang.

Sejumlah komoditas yang perlu diwaspadai Pemda menurut Tito seperti cabai merah, cabai rawit, daging ayam ras, dan bawang merah.

News Feed