English English Indonesian Indonesian
oleh

Wujudkan Generasi Bebas Tuberkulosis, Yamali Gelar TB Catalyst Workshop

FAJAR, MAKASSAR — Dalam rangka menyukseskan program Eliminasi Tuberkulosis (TBC) pada 2030, Yayasan Masyarakat Peduli Tuberkulosis (Yamali TB) mengadakan Care for TB Catalyst Workshop dengan mengangkat tema “Pemuda Kita, Aksi Kita: Menuju Generasi Bebas Tuberkulosis”.

Tujuan utama dari acara ini ialah untuk merangkul partisipasi para generasi muda untuk ikut serta dalam penananganan TBC dengan diberi pengetahuan tentang pencegahan dari penyakit itu sendiri.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, pada Sabtu-Minggu, 8-9 Juni 2024. Hari pertama diadakan secara daring via Zoom Meeting. Acara dibuka melalui sambutan Ketua Yamali TB, Kasri Riswadi yang menyambut dengan baik TB Catalyst Workshop ini karena menurutnya edukasi tentang bahaya TBC memang sudah harus giat digencarkan.

Workshop dihari pertama terbagi menjadi beberapa sesi dengan empat materi yang dipaparkan, turut hadir sebagai pemateri, Ketua Tim Prognas TB RS Mitra Husada dan Dokter Spesialis Paru, Dr dr Nurjannah Lihawa, Sp P(K), yang memberikan materi tentang pencegahan dan penularan TBC, Koordinator SR POP TB Indonesia dan Penyintas XDR TB, Khoirul Anas dan Farahdiba Zalika Fatah Sked, yang membagikan pengalaman mereka tentang pendampingan para pasien TBC. Juga ada Dwiana Fajriati Dewi SPsi MSc selaku dosen Psikologi Universitas Hasanuddin yang membahas tentang stigma masyarakat terhadap TBC dan pengaruhnya terhadap mental health yang menjadi topik cukup popular untuk para generasi muda.

Materi terakhir di hari terakhir disampaikan oleh Vice Chair for External Affair Indonesia Muda untuk TBC (IMUT), Adhitya Bagus yang mengangkat tentang peran pemuda dalam kolaborasi dan inovasi terhadap pengendalian TBC, menurutnya keterlibatan para kaum pemuda sangat dibutuhkan untuk menekan angka Tuberkulosis bukan hanya di Indonesia namun juga di dunia.

News Feed