English English Indonesian Indonesian
oleh

Kapal Tunda Pelindo Responsif Bantu Padamkan Kebakaran Kapal di Makassar

FAJAR, MAKASSAR — Tiga Kapal Tunda (Tug Boat) milik PT Pelindo Jasa Maritim, Subholding dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo dengan sigap merespons atas musibah kebakaran yang menimpa kapal penumpang KM Umsini di Pelabuhan Makassar.

Sekitar pukul 05.00 Wita, Kapal Penumpang KM Umsini milik PT Pelni terbakar dan menyebabkan kepanikan di antara penumpang dan awak kapal yang berjumlah ratusan orang. Kapal ini berlayar dari Bau-bau ke Makassar, dengan kondisi seluruh penumpang dinyatakan selamat.

Tindakan tanggap darurat diambil oleh beberapa kapal sekitar, termasuk KT (Kapal Tunda) Jayanegara 201, KT Anoman VIII, dan KT Anoman IX yang dimiliki oleh Pelindo.

Satu kapal tunda lainnya, TB Wisnu milik Pertamina turut bekerja sama dalam usaha pemadaman kebakaran tersebut.

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Jasa Maritim, Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar mengatakan, bahwa pihaknya bersyukur karena di mana tiga armada memenuhi tugas kemanusiaan untuk membantu memadamkan kebakaran yang menimpa KM Umsini di perairan Makassar.

“Proses pemadaman berjalan lancar, dengan pemenuhan standar HSSE, serta kolaborasi dengan armada milik Pertamina sehingga potensi bahaya kebakaran yang lebih besar dapat dihindari,” kata Patrick.

Pada proses pemadaman tersebut, KT Jayanegara 201 yang memiliki kapasitas 1000 liter/menit dengan jangkauan 130 meter, mengambil tindakan sebagai smothering (penghilang oksigen) dengan cara memblock pusat api dengan semburan fire fighting.

Sedangkan KT Anggada VIII dan KT Anggada IX beraksi sebagai cooling dinding kapal agar dampak kebakaran tidak meluas, serta TB Wisnu sebagai backup cooling.

News Feed