English English Indonesian Indonesian
oleh

Jemaah dengan Visa Non Haji Diminta Segera Pulang ke Tanah Air

FAJAR, MAKKAH—Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi mengimbau jemaah yang menggunakan visa non haji agar tidak memaksakan diri berhaji. Politisi PAN itu meminta mereka  segera kembali ke Indonesia.

Ashabul Kahfi menegaskan hal tersebut setibanya di King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah pada Sabtu (8/6/2024) waktu Arab Saudi.

“Kami imbau para calon jemaah pengguna visa non haji untuk tertib, disiplin dan segera kembali ke tanah air. Jangan paksakan berhaji dengan menggunakan visa non haji,” katanya dikutip dari situs Kemenag.

Menurutnya, jika jemaah nekat menggunakan visa non haji, termasuk visa ziarah dan visa umrah, sanksi tegas telah menanti dari Pemerintah Arab Saudi.

“Informasi yang kami dapatkan memang cukup banyak calon jemaah haji yang sampai hari ini masih berusaha untuk melaksanakan ibadah haji dengan menggunakan visa non haji, termasuk visa ziarah maupun umrah,” ungkapnya.

DPR sendiri kata Kahfi mendukung dan mengapresiasi pemerintah Arab Saudi untuk menertibkan para jemaah yang tidak menggunakan visa haji.

Mantan Wakil ketua DPR RI itu menegaskan ini sebagai upaya untuk mencegah lonjakan jemaah haji yang melebihi kapasitas karena dapat mengganggu keamanan dan kelancaran ibadah haji.

“Kenapa perlu ditertibkan, karena dalam rangka untuk mengontrol. Kalau jemaah ini sudah over capasity, jemaah sulit terkontrol. Itu mengganggu kenyamanan, ketertiban, bahkan bisa mengancam keselamatan jemaah kalau jumlah jemaah haji ini tidak bisa kita kontrol lagi,” jelasnya.

News Feed