English English Indonesian Indonesian
oleh

BPTD Kelas II Sulsel Gelar Rampcheck Angkutan Bus Pariwisata di Lokasi Wisata

GOWA, FAJAR — Menjelang libur panjang Hari Raya Iduladha, mobilitas masyarakat yang hendak berlibur akan meningkat. Terutama menuju lokasi wisata.

Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Sulsel menggelar pemeriksaan dan pengawasan angkutan bus pariwisata di kawasan wisata Hutan Pinus Malino, Kabupaten Gowa, Minggu, 9 Juni 2024. Ini dilakukan untuk memastikan keselamatan para penumpang bus.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 117 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam Traye, untuk memastikan keselamatan dan keamanan penumpang serta memastikan bahwa bus dan pengemudinya memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Hal tersebut penting untuk mencegah kecelakaan dan memberikan pelayanan wisata yang aman dan menyenangkan bagi semua orang.

“Pemeriksaan kelayakan jalan dan kelengkapan dokumen bus pariwisata meliputi pengecekan kondisi fisik dan teknis bus. Seperti rem, lampu, dan sistem keselamatan lainnya,” ujar Kepala BPTD Kelas II Sulsel, Bahar, ST, MT.

Selain itu, dokumen seperti Uji Kelaikan Kendaraan (KIR), Sertifikat Uji Tipe (SUT) dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) juga diperiksa untuk memastikan bus dan perusahaannya memenuhi regulasi yang berlaku. “Hal ini penting untuk menjaga keselamatan penumpang dan kepatuhan terhadap hukum,” imbuhnya.

Adapun jumlah kendaraan yang dilakukan pengawasan dan pemeriksaan sebanyak 12 unit bus. Juga telah dilakukan sosialisasi kepada para penumpang atau pengguna jasa terkait penggunaan aplikasi Mitra Darat dan website mitradarat.dephub.go.id sebagai salah satu media pengecekan izin dan kelaikan armada bus. (uca)

News Feed