English English Indonesian Indonesian
oleh

Bitcoin, Tabungan, dan Gen-Z

Saat ini Generasi Z atau disingkat Gen-Z, adalah kelompok populasi tersendiri. Mereka banyak mengenal berbagai macam jenis alat pembayaran.

Dengan uang, misalnya. Jenis pembayaran ini bisa berupa rupiah, uang asing, USD, dolar Singapura, ringgit, yuan, yen, riyal, euro, dan yang kini populer bagi Gen-Z adalah uang kripto (Crypto currency). Kripto terdiri dari beberapa jenis yang popular. Bitcoin, mata uang ini dapat diperdagangkan seperti uang lainnya.

Banyak jenis mata uang kripto diperdagangkan saat ini. Walaupun digunakan sebagai alat pertukaran, uang kripto di Indonesia belum dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah.  Namun begitu, kripto ini masih dapat dimanfaatkan untuk perdagangan atau investasi layaknya seperti saham.

Mula pertamanya Crypto currency ada pada 1998, namun nanti pada 2008 dilakukan penyempurnaan. Setahun kemudian, bitcoin yang merupakan mata uang kripto menggunakan teknologi block chain. Bitcoin saat ini menjadi salah satu mata uang digemari oleh masyarakat.

Sistem Kerja

Pengguna mata uang kripto memiliki nomor rekening layaknya nomor rekening bank. Nomor rekening ini namanya public key, sedangkan kata sandinya bernama stream key. Crypto currency tidak memiliki wujud fisik. Mata uang tersebut disimpan di sistem bernama block chain.

Block chain akan mengatur dan mengelola data transaksi mata uang digital dengan pengelolanya adalah penggunanya sendiri, bukan pihak ketiga. Transaksi ini menggunakan sistem terbuka dan bebas. Transaksi bersifat anonym, artinya tidak dapat mengetahui identitas pengguna lainnya.

News Feed