English English Indonesian Indonesian
oleh

Kerja Sama 4 Universitas, Perpustakaan Sejarah UNM Sukses Menggelar Webinar Nasional 

FAJAR, MAKASSAR – Perpustakaan Prodi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Makassar sukses menyelenggarakan Webinar Nasional Hari Lahir Pancasila, pada Kamis, (6/6/2024).

Temanya, “Pancasila Dalam Konsep Pembelajaran Edupreneur Bagi Mahasiswa Generasi Z di Era 5.0”.

Webinar ini digelar atas kerja sama empat universitas di Indonesia, yaitu Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Negeri Pendidikan, dan Universitas 17 agustus 1945 Jakarta. 

Narasumber yang dihadirkan pun dari masing-masin perwakilan kampus tersebut dengan materi berkaitan dengan tema yang ditentukan. 

Narasumber pertama, dosen Universitas Negeri Gorontalo, Muhammad Faisal Lutfi yang membawakan materi terkait “Integrasi Pancasila dalam Edupreneurship”.

Dia menjelaskan, Gen Z merupakan salah satu generasi yang perlu menanamkan nilai-nilai karakter pancasila dalam berwirausaha. 

“Jika dipahami kembali bahwa dalam konsep pancasila yang terdiri atas lima dasar, maka hal tersebut dapat dijadikan sebagai landasan oleh generasi Z (Gen Z) dalam berwirausaha,” katanya.

Narasumber kedua, dosen Universitas Pendidikan Indonesia Muhammad Nur membawakan materi dengan judul “memahami jiwa kewirausahaan generasi muda”.

Dalam penjelasannya, ia mengatakan bahwa isu kewirausahaan sangat masif dalam dunia pendidikan, khususnya mahasiswa.

Apalagi visi misi dari suatu instansi maupun organisasi, banyak membawa muatan terkait kewirausahaan, karena diketahui Gen Z merupakan generasi dengan golongan yang paling banyak menganggur.

News Feed