English English Indonesian Indonesian
oleh

Qatar Sebut Posisi Israel tidak Jelas terkait Gencatan Senjata di Gaza

FAJAR, DOHA— Qatar mengatakan tidak ada ‘posisi yang jelas’ dari Israel mengenai kesepakatan gencatan senjata di Gaza. Makanya,, selaku mediator, Qatar menunggu sikap  Israel mengenai usulan ini dan kesepakatan pembebasan sandera yang digariskan oleh Presiden AS Joe Biden.

“Kami belum melihat posisi yang jelas dari pemerintah Israel terhadap prinsip-prinsip yang ditetapkan oleh Presiden Biden,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Majed Al Ansari.

Menurutnya, sejauh ini tidak ada “persetujuan konkrit” dari kedua belah pihak.

“Kami telah membaca dan melihat pernyataan-pernyataan kontradiktif yang datang dari para menteri Israel, yang tidak memberi kami keyakinan bahwa ada kesatuan posisi di Israel mengenai usulan yang sedang dibahas,” katanya dikutip dari The Jordan Times.

Pejuang Palestina Hamas juga belum memberikan tanggapan tegas, tambah pejabat itu.

“Kami belum melihat pernyataan apa pun dari kedua belah pihak yang memberi kami kepercayaan diri yang besar,” tambahnya.

Meski begitu, ia mencatat bahwa proses tersebut sedang berlangsung. “Kami telah bekerja sama dengan kedua belah pihak mengenai proposal yang ada di meja perundingan,” ujarnya.

Pejabat itu kemudian mengatakan Doha telah menerima proposal Israel yang mencerminkan posisi yang dinyatakan oleh Presiden Biden dan lebih dekat untuk memenuhi persyaratan Israel dan Hamas.

“Kami telah menyampaikan proposal tersebut ke pihak Hamas,” kata Ansari, seraya menambahkan bahwa Qatar sedang melakukan upaya terbaik untuk menyelesaikan perjanjian. (amr)

News Feed