English English Indonesian Indonesian
oleh

Tingkatkan Layanan BPJS Kesehatan, Aliyah Mustika Ilham Harapkan Peran Aktif Masyarakat

MAKASSAR, FAJAR — Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, bersama mitra BPJS Kesehatan melalui sosialisasi program JKN KIS, yang di gelar di Hotel Swiss Belcourt, Senin, 3 Juni 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Aliyah Mustika Ilham menjelaskan pentingnya peran BPJS Kesehatan bagi masyarakat.

“Sejak tanggal 1 Maret 2023 lalu, masyarakat telah di wajibkan menjadi peserta BPJS Kesehatan. Tahun 2025 nantinya, seluruh Rumah Sakit yang ada di Indonesia wajib melayani pasien BPJS,” ujarnya.

Selain itu, Aliyah Mustika Ilham mengingatkan agar masyarakat tidak lupa akan kewajiban membayar premi, sebelum menuntut hak akan layanan.

Meski demikian, tidak dapat dipungkiri masih banyaknya aduan dari masyarakat terkait pelayanan di beberapa rumah sakit.

“Untuk itu, diharapkan peran aktif masyarakat untuk melaporkan jika terdapat aduan, merasa dianaktirikan, agar menjadi evaluasi terkait program BPJS,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Kepala Bidang Mutu Layanan Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Makassar, Zari Puspita Ayu, yang memaparkan tentang cara kerja dan fungsi BPJS.

“BPJS Kesehatan menggunakan sistem gotong royong, dan juga sebagai kartu perlindungan kesehatan. Untuk satu orang penyakit jantung yang dirawat hingga operasi, dibutuhkan 3.000 peserta sehat,” ungkapnya.

Jadi dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, selain merupakan perlindungan bagi diri dan keluarga, juga memberi peluang kemanusiaan membantu orang lain.

Di akhir sosialisasi, digelar pula sesi tanya jawab, sehingga seluruh peserta sosialisasi dapat memahami dengan lebih mendalam pentingnya memiliki BPJS Kesehatan. (maj)

News Feed