English English Indonesian Indonesian
oleh

Massa Minta Kantor KPU Bone Disegel hingga Ketua Dicopot

BONE, FAJAR — Puluhan massa yang menggeruduk Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone di Jl Salak, Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, Selasa, 4 Juni 2024.

Hal ini merupakan buntut persoalan viralnya rekaman yang diduga Ketua KPU Bone Yusran Tajuddin yang meminta penggelembungan suara salah seorang caleg DPRD Sulsel.

Terpantau massa bertahan hingga malam. Mereka sempat berusaha merensek ke kantor hingga ke teras gedung yang dikawal ketat puluhan personel kepolisian.

Beberapa di antaranya sempat mengangkut sejumlah papan yang akan dipaku ke pintu dan jendela gedung.

Sebelumnya puluhan massa ini telah bertahan di KPU sejak sore hari. Mereka sempat membawa spanduk yang bertuliskan “PU Bone Disegel Rakyat, RIP Demokrasi” dan diisi tanda tangan petisi oleh sejumlah masyarakat.

Spanduk sempat diarak sebelum akhirnya dipasang menutupi tulisan Kantor KPU Kabupaten Bone yang terpampang di fasad gedung.

Massa juga sempat memutar kembali rekaman yang diduga merupakan Ketua KPU Bone Yusran Tajuddin meminta penggelembungan suara ke salah satu petugas PPS. “Kami minta ini disegel, sampai ketua KPU ini dicopot,” teriak Korlap Angga Prayuda.

Massa menuntut agar Ketua KPU turun langsung menemui massa, yang mana sebelumnya telah diwakili oleh salah satu komisioner, Zainal. Ia mengatakan pemeriksaan terhadap Ketua KPU bersama dengan lima komisioner akan dilakukan besok.

“Besok kita dijadwalkan akan diperiksa di Bawaslu, jadi kita tunggu proses yang berjalan,” terangnya. (an)

News Feed