English English Indonesian Indonesian
oleh

Cinta Sejati

SuarA: Nurul Ilmi Idrus

Cinta adalah sebuah keajaiban. Cinta sejati adalah rasa cinta dengan perasaan tulus dan sepenuh yang datang dari hati yang paling dalam. Rasa cinta yang sejati ini membuat seseorang menaruh harapan atau keyakinan tanpa batas. Orang yang memiliki cinta sejati akan memiliki keinginan yang tulus untuk kebahagiaan pasangannya. Cinta sejati tidak dapat dibendung atau dihalangi oleh apapun. 

Jikapun dalam hubungan pasangan cinta sejati, ada rintangan yang menghalangi dan membuat mereka terpisah satu sama lain, maka suatu saat mereka akan  dipertemukan lagi entah dengan cara apa karena cinta sejati tak terhalangi oleh waktu, ia hidup di lubuk hati masing-masing. Bila mereka terpisah atau dipisahkan oleh keadaan, api cinta mereka tidak akan hilang oleh keterpisahan mereka karena cinta demikian adalah sesuatu yang alami, tidak dikonstruksi untuk maksud tertentu, dan bersifat abadi, sebagaimana lirik lagu “Takkan Hilang” oleh Budi Doremi, yang salah satu baitnya menyatakan: “Tak kan hilang sampai di ujung waktu ku mencintaimu”. 

Berbeda dari pacar yang jika putus, maka sang mantan disebut sebagai mantan pacar, namun tidak ada istilah mantan cinta sejati karena cinta sejati takkan pernah padam apapun rintangannya. Rasa cinta itu membuat dua insan yang memiliki cinta sejati akan merasa senantiasa berbahagia jika mengingat apalagi bertemu dengan cinta sejatinya, meskipun mereka terpisah oleh jarak dan waktu karena cinta sejati tak pernah mati. Cinta sejati senantiasa “hidup” di hati orang yang mengalaminya. Tidak mengherankan jika cinta sejati itu seringkali diibaratkan seperti  hantu, banyak orang membicarakannya, namun hanya sedikit yang melihatnya.

Guratan-guratan usia tidak menghapuskan getaran-getaran cinta dan benang-benang asmara yang sejak awal seperti getaran petir yang dahsyat. Jika seseorang memiliki cinta sejati, maka berapa lamapun mereka terpisah, berapa lamapun satu sama lain tanpa kabar, berapa lama pun menjadi milik orang lain, dia akan kembali, dia akan mencarimu, dan dia akan menemukanmu. Ini karena Tuhan memiliki banyak cara untuk menyatukan dua insan yang terpisah. Tuhan banyak memiliki kejutan bagi manusia dan rencana Tuhan selalu lebih indah, Tuhan lebih tahu apa yang terbaik bagi umatnya, meski manusia seringkali menyalahkan Tuhan karena keterpisahan dengan cinta sejatinya. Artinya, cinta sejati adalah penyerahan diri seutuhnya.

Secara lebih ekstrem BJ. Habibie, mantan Presiden ketiga RI, pernah berkata berdasarkan pengalaman hidupnya, bahwa: “Walaupun raga telah terpisahkan oleh kematian, cinta sejati tetap akan tersimpan secara abadi di relung hati.” Ini mengindikasikan bahwa cinta sejati itu bersifat abadi dan tanpa batas. Beliau percaya bahwa cinta sejati adalah tentang kombinasi keutuhan, kesetiaan, dan perjuangan. Tidak semua orang memiliki cinta sejati, dan orang yang memilikinya adalah orang yang “limited edition.” So, enjoy as part of the limited edition!

News Feed