English English Indonesian Indonesian
oleh

Tingkatkan Kapasitas dan Kepedulian Maba

FAJAR, MAKASSAR- Penyambutan Mahasiswa Baru (Maba) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan digelar di Agustus mendatang secara serentak. Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) lebih membangun kepedulian, membentuk karakter hingga peningkatan kapasitas Maba. Dikemas berbeda setiap kampus.

Di Unhas, PKKMB akan dibuat tidak jauh dari tahun lalu yakni Penghijauan bumi. Unhas membangun kepedulian Maba terhadap lingkungan melalui penanaman pohon.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Muhammad Ruslin mengatakan Maba bakal diajak menanam pohon, pohon ini yang akan terus mereka rawat sejak maba hingga akan melihat hasilnya setelah empat tahun ke depan.

“Maba Unhas dihimbau untuk ikut menghijaukan lingkungan, mereka paling disuruh menanam pohon di sekitar lingkungan mereka. Juga di wilayah kampus,” tuturnya.

Menurutnya, gerakan penghijauan ini sudah dilakukan sejak 2006. Namanya gerakan Unhas Hijau. Sejauh ini Unhas ditetapkan sebagai hutan kota dan menjadi satu-satunya hutan kota di wilayah Kota Makassar. Sehingga karakter penghijauan setiap tahun, tak bisa dihilangkan.

Lalu di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), pengenalan Maba dibuat seperti pesantren kilat. Maba diberikan materi pengenalan kampus, keIslaman dan kuliah umum berbagai topik. Tak ketinggalan selalu ada bedah buku.

Wakil Rektor Bidang Akademik UINAM, Prof Dr Kamaluddin Abunawas M Ag mengatakan persiapan penyambutan Maba dibuat seketat mungkin, tak boleh ada lagi perpeloncoan. Tema penyambutan Maba tahun ini, kata dia, dikemas berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

News Feed