English English Indonesian Indonesian
oleh

Maladewa Tolak Turis Israel, Ini 13 Negara yang Melarang Pemegang Paspor Israel Masuk ke Wilayahnya

FAJAR, MALADEWA—Pemerintah Maladewa melarang warga Israel memasuki kepulauan Samudera Hindia yang terkenal dengan pantai pasir putih dan resor mewahnya tersebut.

Larangan bagi turis dan warga Israel lainnya muncul seiring meningkatnya kemarahan publik di negara berpenduduk mayoritas Muslim tersebut atas perang di Gaza.

Presiden Mohamed Muizzu sudah memutuskan untuk memberlakukan larangan terhadap paspor Israel, sebagaimana disampaikan  juru bicara kantornya dalam sebuah pernyataan.

Dikutip dari Aljazeera, tidak ada rincian yang diberikan terkait kapan aturan baru tersebut akan berlaku.

Muizzu juga mengumumkan kampanye penggalangan dana nasional yang disebut “Warga Maladewa dalam Solidaritas dengan Palestina”.

Hampir 11.000 warga Israel mengunjungi Maladewa tahun lalu, atau setara dengan 0,6 persen dari total kunjungan wisatawan.

Data resmi juga menunjukkan jumlah warga Israel yang mengunjungi Maladewa turun menjadi 528 dalam empat bulan pertama tahun ini, turun 88 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Partai-partai oposisi dan sekutu pemerintah di Maladewa telah memberikan tekanan pada Muizzu untuk melarang warga Israel sebagai tanda protes terhadap perang Gaza. Yang sudah menewaskan stidaknya 36.439 warga Palestina dan melukai  82.627 orang.

Menanggapi larangan tersebut, juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel mendesak warganya yang saat ini berada di Maladewa untuk meninggalkan Maladewa.

“Bagi warga negara Israel yang tinggal di negara tersebut, disarankan untuk mempertimbangkan untuk pergi, karena jika mereka mengalami kesulitan karena alasan apa pun, akan sulit bagi kami untuk membantu,” kata jubir kementerian.

News Feed