English English Indonesian Indonesian
oleh

Anisa Amiruddin, Jemaah Termuda Kloter 1 Makassar: Bahagia Bisa Dampingi Keluarga

FAJAR, MADINAH-BERHAJI adalah ibadah fisik. Artinya bagi yang mau berhaji tidak hanya sekadar mampu secara ekonomi tetapi juga mampu secara fisik. Maka beruntunglah mereka yang berangkat menunaikan ibadah haji di usia muda. Seperti keberuntungan Anisa Amiruddin, jemaah kloter satu Embarkasi Makassar.

Perempuan kelahiran Makassar, 31 Maret 2005 ini, berhaji di usia muda. Tahun ini, Anisa baru berumur 19 tahun. Dia sendiri tidak menyangka bakal berhaji di usia muda. “Saya bahkan masih tidak percaya. Padahal saya sudah ada di bandara,” kata Anisa yang dihubungi via whatsapp.

Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Alajuddin Makassar ini, berangkat bersama ayah, om dan tante. Dia berangkat ke tanah suci pada 12 Mei 2024. Di Madinah, Anisa menginap di Hotel Louloat. Saat dihubungi Kamis sore kemarin, 30 Mei 2024, alumni Pondok Pesantren  Ummul Mukminin, sudah berada di Makkah. Dia dan keluarga sudah mempersiapkan diri menyambut wukuf di Arafah.

Dia menyampaikan pesan agar siapa pun yang bercita-cita jangan ragu-ragu. “Ingat Allah SWT. Insya Allah, doa-doa baik akan diijabah olehNya. Tapi jangan lupa berusaha dan istikamah,” kuncinya. Anisa mendaftar berhaji pada 2019. (er)

News Feed