English English Indonesian Indonesian
oleh

Tim BKP Asistensi Mengajar FPsi UNM Kembangkan Keterampilan Sosial dan Emosional Siswa

FAJAR, MAKASSAR-Tim BKP Asistensi Mengajar dari Fakultas Psikologi Universitas Makassar mendampingi kegiatan field trip yang diselenggarakan SD Pertiwi Makassar. Acara ini berlangsung di Kantor BMKG Wilayah IV Makassar dan Pizza Ria Kafe, Kamis, 30 Mei.

Wakil Ketua Tim BKP Asistensi Mengajar, Ruhana menjelaskan, tujuan pendampingan ini adalah untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa melalui aktivitas field trip yang menyenangkan dan edukatif.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan karakter siswa dan dapat meningkatkan motivasi serta minat mereka terhadap pembelajaran,” ujar Ruhana.

Guru SD Pertiwi Makassar, Nur Eka Pratiwi sekaligus mentor Tim BKP, menambahkan, kegiatan ini dirancang untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional siswa, seperti komunikasi, kerjasama, dan adaptasi. “Kami bertanggung jawab penuh untuk mendokumentasikan kegiatan ini dan mendampingi anak-anak agar kegiatan ini bisa berjalan lancar,” katanya.

Field trip ini diikuti oleh seluruh siswa Kelas 3 SD Pertiwi Makassar. Kegiatan dimulai dengan kunjungan ke Kantor BMKG Wilayah IV Makassar, di mana siswa mendengarkan penjelasan informatif dari para ahli mengenai cuaca dan iklim. Untuk membuat pembelajaran lebih menarik, pihak BMKG menyertakan kuis interaktif yang melibatkan semua siswa.

Selanjutnya, siswa melanjutkan field trip ke Pizza Ria Kafe, di mana mereka mengikuti kegiatan mewarnai dan membuat pizza bersama. Aktivitas ini dirancang untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan motorik halus siswa, sekaligus memberikan pengalaman langsung dalam membuat makanan. Para siswa tampak antusias dan menikmati setiap langkah dalam pembuatan pizza.

Anggota Tim BKP Asistensi Mengajar, Andi Yahdini Firsyah Nadhirah mengatakan, Tim BKP bertugas mengabadikan setiap momen penting selama field trip melalui foto dan video. Dokumentasi ini akan menjadi bahan evaluasi dan kenang-kenangan bagi siswa dan sekolah.

“Pendampingan kami tidak hanya dalam hal teknis pelaksanaan, tetapi juga memastikan seluruh momen penting terabadikan dengan baik. Dokumentasi ini nantinya akan menjadi bahan untuk menyusun laporan lengkap yang berisi rangkuman kegiatan, dokumentasi visual, dan evaluasi terhadap pelaksanaan field trip,” kata Andi Yahdini.

Sementara Andi Zulfa Afiva Yakub, anggota Tim BKP Asistensi Mengajar lainnya, menyatakan bahwa kegiatan field trip ini mendapat sambutan antusias dari para siswa. “Para siswa sangat menikmati setiap kegiatan yang dilakukan. Mereka terlihat sangat aktif dan kompak dalam mengikuti semua aktivitas, baik saat kuis di BMKG maupun saat membuat pizza di kafe. Antusiasme mereka terlihat dari keaktifan mereka dalam bertanya dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan,” ujar Andi Zulfa.

Salah satu siswa peserta field trip menyampaikan kesan positifnya terhadap kegiatan tersebut. Field trip ini sangat seru. Dia pun sangat menikmati kunjungan ke BMKG dan Pizza Ria Kafe.

Secara keseluruhan, field trip yang diselenggarakan oleh SD Pertiwi Makassar dan didampingi oleh Tim BKP Asistensi Mengajar ini berhasil memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermanfaat bagi siswa. Dengan memadukan pembelajaran teoritis dan praktik langsung, kegiatan ini tidak hanya menambah pengetahuan siswa, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan kreativitas mereka. (*)

News Feed