English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa FEB Unhas Survei Pola Manajemen Petani Sayur di Tinggi Moncong

FAJAR, MAKASSAR-Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unhas, kembali melaksanan kegiatan Penelitian dalam bentuk survei lapangan.

Penelitian tersebut dalam rangka pelaksanaan Program Mahasiswa Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan itu dilaksanakan di kelurahan Pattapang, Kecamatan Tinggi Moncong, Gowa, 31 Mei- 02 Juni.

Dosen FEB Unhas, Prof. M. Idrus Taba mengatakan mengangkat tema mengenai “Kajian Sosial Ekonomi, Rantai Pasok, Business Plan dan Pola Manajemen Usaha Petani Sayuran Dataran Tinggi”.

Kali ini dilakukan di Kecamatan Tinggimoncong Gowa. Sebanyak 40 mahasiswa dan 2 Dosen pembimbing, melakukan survai terhadap sejumlah 60 responden petani dan pedagang.

“Ini merupakan bentuk implementasi kegiatan di luar kelas (lapangan) pada mata kuliah Metode Penelitian Bisnis,” tuturnya.

Hasil survei kemudian diolah dan akan diseminarkan langsung di lokasi kegiatan. Seminarnya terbagi dalam empat kelompok.

Dekan FEB Unhas, Prof A Rahman Kadir mengatakan kegiatan di luar kelas bagi mahasiswa sangat penting, ini dalam upaya mengembangkan wawasan keilmuannya yang konseptual teoritik di kelas dengan kenyataan empirik di lapangan.

Selain itu, melalui kegiatan survai kata dia, mahasiswa dapat melakukan interaksi social dengan masyarakat secara langsung sehingga dapat membangun kepekaan-kepekaan sosial yang lebih dalam. (wis)

News Feed