English English Indonesian Indonesian
oleh

Hanya Jemaah Pemilik Visa Haji Dapat Ikuti Puncak Haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina

Terkait implementasi kebijakan baru ini, Pemerintah Arab Saudi melakukan sejumlah pengecekan di hampir setiap titik jalur kedatangan menuju Mekkah. Misalnya saja, di Bir Ali, lokasi pengambilan miqot di Madinah. Petugas akan mengecek identitas jemaah haji padahal lokasi ini masih di kawasan Madinah. “Mereka akan mengecek paspor dan visa setiap jemaah,” kata Ali.

Pemeriksaan juga dilakukan di pintu masuk Kota Mekkah. Identitas jemaah akan diperiksa kembali. Tak berhenti di situ, pemeriksaan lebih detail juga dilakukan di Kota Mekkah. Pemeriksaan akan lebih detail, tak hanya soal identitas jemaah haji. Tetapi juga identitas kendaraan yang digunakan mengangkut jemaah haji.

“Nanti saat masuk ke kota Mekkah, di daerah Jumum situ, ada pemeriksaan yang lebih intensif lagi terkait kendaraan atau base-base yang akan masuk ke kota Mekkah,” tuturnya.

Pemeriksaan demikian akan terus berlangsung sampai puncak pelaksanaan ibadah haji. Meski demikian, Ali meminta jemaah pengguna visa haji tak perlu khawatir karena mereka sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Ketika visa haji, insyaallah tidak ada permasalahan untuk masuk ke Kota Mekkah, termasuk nanti ke Armuzna saat Arofah, Muzdalifah dan Mina,” kata Ali mengakhiri. (erniwati/*)

News Feed