English English Indonesian Indonesian
oleh

448 JCH Makassar Berangkat ke Makkah

FAJAR, MADINAH-Sebanyak 448 Jemaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Makassar yang bergabung dalam kloter 12 berangkat ke Makkah, Rabu, 29 Mei 2024. Mereka meninggalkan Hotel Safwat Pukul 07.56 WAS menuju Bir Ali untuk mengambil miqat.

“Jumlahnya 449 orang jemaah. Namun satu orang masih dirawat di Rumah Sakit King Fath an. Insya yang sakit akan segera menyusul ke Makkah, jelas Yunus Idrus, Ketua Kloter 12 saat dihubungi pagi kemarin. Dia dan rombongan sudah dalam perjalanan menuju Makkah untuk umrah wajib.

Disebutkan bahwa dia mengawal 82 jemaah berisiko tinggi (risti) dan non risiko tinggi 367 orang. JCH yang menggunakan jasa dorong kursi roda yang difasilitasi petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) tercatat 20 orang.

“Jemaah kami ada yang membawa sendiri kursi roda sendiri. Jumlahnya 12 orang. Kami juga harus selalu siaga karena ada 32 orang yang berpotensi menggunakan kursi roda,” jelas Yunus.

Meski jumlah jemaahnya diwarnai wajah-wajah lanjut usia, namun Yunus dan petugas haji di kloternya tetap semangat. “Lansia dan berisiko tinggi cukup banyak di kloter kami. Meski demikian, kami tetap semangat menjalankan tugas. Semoga kami bisa mengawal dan melayani mereka hingga tuntas,” kata Yunus. Jemaah kloter 12 yang dipimpinnya berasal dari Gorontalo dengan jumlah petugas yang mendampingi sebanyak sembilan orang.

Total jemaah yang seharusnya didorong ke Makkah, Rabu kemarin, sebanyak 5.856 orang dalam 15 kloter. Hanya saja, ada beberapa orang yang tertunda menjalankan umrah wajib karena sedang istirahat menjalani perawatan kesehatan. (er/*)

News Feed