English English Indonesian Indonesian
oleh

Jemaah Haji Bervisa Umrah Berpotensi Timbulkan Masalah Besar di Mekkah

FAJAR, JAKARTA—Anggota Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis mengkritik para jemaah umrah yang menyalahgunakan visa yang dimilikinya untuk lanjut melaksanakan ibadah Haji.

Qolba Lubis  menegaskan, ini bisa menjadi masalah karena peruntukkan mereka di Arab Saudi awalnya hanya untuk umrah. Menurutnya, hal ini berpotensi terjadi penumpukkan jemaah bahkan kekisruhan (chaos) bila lanjut melaksanakan ibadah Haji.

Kekhawatiran itu cukup berdasar. Pasalnya, nenurut Qolba Lubis, jumlah Jemaah umrah yang masih tinggal cukup besar.

“Jadi dianalisa, ada puluhan ribu jemaah yang masih tinggal di Saudi belum pulang. Ini akan menjadi masalah nanti kalau mereka nanti di Arafah – Mina, rebutan tempat. Kalau mereka (jemaah umrah) sempat ngambil tempat jemaah haji yang reguler yang memang resmi menggunakan visa resmi haji, itu akan menjadi chaos nanti,” ujar Iskan dalam video yang dikutip di Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Politisi Fraksi PKS ini mengatakan, tempat bagi Jemaah haji akan sangat terbatas.

“Kalau dia (jemaah umrah) memaksakan diri pergi ke Arafah, pergi ke Mina, ini malah akan masalah nanti, karena jemaah haji kita kan sudah dapat tempat yang terbatas, mereka tuh (jemaah umrah yang ikut melakukan haji) gak dihitung gitu,” ujarnya.

Saat ini Negara Arab Saudi sedang membuka seluas-luasnya untuk visa jemaah haji. Maka dari itu, jemaah yang melaksanakan umrah di bulan Dzulqa’dah masih bisa mendapatkan visa meski waktunya sangat dekat dengan musim haji.

Konsekuensinya, bagi Ditjen Imigrasi memiliki tugas untuk memastikan jemaah yang pergi umrah untuk dapat kembali ke tanah air dengan selamat.

News Feed