English English Indonesian Indonesian
oleh

Inanta Edukasi Pentingnya Vaksinasi Bagi Petani, Nelayan, dan Masyarakat Adat

FAJAR, MAKASSAR – Yayasan Inanta memggandeng Dinas Kesehatan Sulsel dan praktisi media dalam mengedukasi nelayan dan masyarakat adat mengenai pentingnya vaksinasi Covid-19.

Edukasi ini terus digaungkan meski Covid-19 sudah ditetapkan berstatus endemi. Namun begitu, ancaman tetap saja berpotensi datang, sehingga upaya antisipasi harus tetap dilakukan.

Fokus sasaran edukasi ini adalah kelompok masyarakat adat, petani dan nelayan, yang dilakukan lewat webinar, dengan mengangkat tema peranan media online dan media sosial untuk publikasi penuntasan vaksinasi Covid-19 dan PHBS untuk masyarakat adat, petani, dan nelayan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pemulihan Covid-19 yg didukung oleh Perhimpunan Filantropi Indonesia, Ford Foundation, dan Kementerian Dalam Negeri.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Ishaq Iskandar menegaskan, vaksinasi dilakukan sebagai bentuk upaya meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga masyarakat perlu melengkapi dosis vaksin yang telah ditetapkan pemerintah.

”Vaksinasi sangat penting untuk menjaga stabilitas dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga, kami berharap masyarakat melengkapi dosis vaksinasinya, supaya bisa lebih safety,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, ada pelajaran penting yang perlu dipetik dari pandemi Covid-19. Masyarakat bisa mulai menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari.

”Tentu ada pelajaran berharga dari pandemi Covid-19 yang lalu, PHBS bisa diterapkan oleh masyarakat. Sehingga, taraf kesehatan bisa lebih tinggi dan masyarakat tidak mudah terjangkit penyakit,” jelasnya.

News Feed