English English Indonesian Indonesian
oleh

Pasukan Israel dan Mesir Saling Tembak di Perbatasan Rafah, Satu Tentara Mesir Tewas

FAJAR, KAIRO—Pasukan Israel dan Mesir terlibat baku tembak di dekat kota Rafah di perbatasan selatan Gaza pada 27 Mei waktu setempat. Insiden itu menewaskan sedikitnya satu anggota pasukan keamanan Mesir.

Baik Yerusalem maupun Kairo mengatakan mereka sedang menyelidiki insiden langka tersebut, yang terjadi ketika IDF bergerak maju melawan Hamas di Rafah, termasuk di sepanjang perbatasan Gaza-Mesir yang berbatasan dengan kota tersebut.

Pejabat Mesir mengatakan ada satu korban jiwa tanpa menjelaskan lebih lanjut identitasnya. Sementara para pejabat Israel tidak segera mengomentari adanya korban jiwa.

Al Arabiya melaporkan bahwa insiden itu dimulai ketika patroli perbatasan Mesir menembaki unit Pasukan Pertahanan Israel (IDF), yang kemudian membalas, meskipun belum ada pihak yang mengkonfirmasi rinciannya.

“Kairo sudah menjadi sorotan dengan ditemukannya sistem terowongan Hamas ke Mesir. Hal ini perlu diselidiki dan dikendalikan dengan cepat,” kata Richard Goldberg, Penasihat Senior FDD.

Selama berbulan-bulan, para pejabat Mesir telah menyatakan penolakannya terhadap operasi militer Israel di Rafah.

Kurang dari setahun yang lalu, seorang tentara Mesir menyelinap melintasi pagar perbatasan dan membunuh tiga tentara Israel saat mereka berjaga. (amr)

News Feed