English English Indonesian Indonesian
oleh

Kembangkan Mutu Akademik hingga Perluas Jejaring

*Benchmarking PPs UMI
di Turki

FAJAR, MAKASSAR— Program Pascasarjana (PPs) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar terus menunjukkan eksistensi di percaturan internasional. Selain untuk mengembangkan mutu akademik juga memperluas jejaring.

Salah satunya, melakukan kunjungan benchmarking di Istanbul Sabahattin Zaim University (IZU) Turkiye dan Uskudar University Turkiye, 22-25 2024.

Kunjungan tersebut sekaligus membahas kerja sama yang bakal dilakukan kedepan. Di antaranya memperkuat benchmarking dan penelitian serta potensi kerjasama antar kampus di dua negara.

Direktur PPs UMI, Prof. Dr. Mursalim Laekkeng, ASEAN CPA, mengatakan hal tersebut untuk memacu pengembangan mutu akademik, apalagi ini terus berkembang. Saat ini, PPs UMI telah memiliki 12 program magister dan 4 program doktor, dan 7 prodi sudah raih akreditasi Unggul.

“Jadi selain peningkatkan kuantitas, aspek kualitas akademik juga menjadi perhatian, utamanya melalui perluasan jejaring dan international benchmarking,” tuturnya.

Harapannya, lanjut dia, beberapa program studi yang telah terakreditasi Unggul, di proyeksikan menjadi akreditasi international.
Kunjungan ini juga merupakan program PPs UMI dalam upaya mendukung program internationalisasi institusi UMI.

Prof Chaling, sapaan akrabnya, menambahkan benchmarking Kurikulum dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang berlaku di PPs UMI sekaligus sharing serta mengumpulkan informasi terkait teknis pelaksanaan dan pengelolaan program internasional di IZU dan Uskudar University.

News Feed