English English Indonesian Indonesian
oleh

151 Kloter Gelombang I Sudah di Makkah, Habibur Rahman: Masih Ada JCH Pakai Kain Berjahit

FAJAR, MADINAH-Jumlah kloter yang berangkat dari Madinah menuju Makkah dan mengambil miqat di Bir Ali hingga Senin, 27 Mei 2024, tercatat sudah 151 kloter.

“Pada hari ke delapan pemberangkatan jemaah haji gelombang pertama dari Madinah menuju Makkah Al Mukaromah terdata sudah 143 kloter jemaah yang diberangkatkan. Ditambah dengan hari ini sudah 151 kloter,” jelas Sudarmanto, Koordinator Petugas Kedatangan dan Kepulangan (Yanpul) di Bir Ali saat ditemui, Senin, 27 Mei 2024.

Sementara itu, Habibur Rohman, Pembimbing Ibadah (Bimbad) di Bir Ali, mengevaluasi bahwa masih ada jemaah laki-laki yang tidak paham ketentuan berihram.
Dia menemukan sejumlah jemaah laki-laki saat turun dari bus masih mengenakan sepatu, kaos kaki, baju bahkan sarung saat mengambil miqat.

“Harapan kami bimbad sektor agar mengingatkan jemaahnya tentang ketentuan ihram sebelum meninggalkan hotel sehingga saat berangkat ke Bir Ali semua sudah steril. Tidak ada lagi yang pakai sarung dan kaos,” harap Habibur.

Bukan hanya laki-laki, sejumlah jemaah perempuan juga enggan melepas masker. “Ketika diberitahu, mereka tidak mau. Ada jemaah yang pakai cadar gak mau dibuka, mereka beralasan itu keyakinan mereka. Tapi minimal petugas sudah ingatkan,” kata Habibur lagi.

Pantauan Media Centre Haji (MCH) di Bir Ali khususnya di ruang salat khusus jemaah perempuan pada Senin, 27 Mei 2024, beberapa jemaah perempuan khususnya yang lanjut usia lupa lafaz niat salat sunah ihram sehingga petugas mengingatkan mereka dan melatihnya sebelum menunaikan dua rakaat salat sunah ihram. (erniwati/*)

News Feed