English English Indonesian Indonesian
oleh

Jaga Warisan Budaya Lewat Pertunjukan Seni

FAJAR, MAKASSAR- Mahasiswa angkatan 2023 Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengangkat tema budaya dalam Inagurasi AD23NALIN yang digelar Jumat malam, 24 Mei 2024. Kegiatan yang bertajuk ” Sitobo Lalang Lipa” ini menjadi ajang pemersatu berbagai kebudayaan Nusantara dalam pertunjukan yang memukau.

Panggung Inagurasi AD23NALIN disulap menjadi panggung seni budaya yang menghibur 300 tamu undangan. Ada 76 penampil dari kalangan mahasiswa baru unjuk bakat selama kurang lebih dua jam dengan beragam pertunjukan seni tradisional.

Acara dibuka dengan pertunjukan angngaru, tarian tradisional Makassar yang mencerminkan semangat dan keberanian. Kemudian, disusul tari paduppa, tari kreasi, dan tari kontemporer yang memadukan unsur tradisional dan modern dengan apik.

Selain itu, teater dan puisi akuistik turut membawa penonton larut dalam keindahan sastra Nusantara. Puncak acara dihibur dengan alunan merdu kelompok paduan suara. Melalui kegiatan tersebut, mahasiswa baru Jurusan Biologi UNM telah membuktikan dedikasi mereka dalam melestarikan warisan budaya lokal melalui kreativitas tanpa batas.

Koordinator perlengkapan acara, Alwi Pratama memaparkan filosofi mendalam di balik tema pertunjukan “Sitobo’ lalang lipa” adalah kearifan lokal dalam menyelesaikan masalah dengan cara yang sakral dan penuh penghormatan. “Inilah ruh yang kami angkat, agar generasi muda dapat menghargai dan melestarikan warisan budaya bangsa,” ungkapnya.

News Feed