English English Indonesian Indonesian
oleh

Lebih 100 Orang Tewas Akibat Longsor di Papua Nugini

FAJAR, PAPUA NUGINI—Lebih dari 100 orang diyakini tewas pada hari Jumat akibat tanah longsor yang mengubur sebuah desa di daerah terpencil di Papua Nugini.

Laporan Australian Broadcasting Corp, tanah longsor melanda desa Kaokalam di provinsi Enga, sekitar 600 kilometer barat laut ibu kota negara kepulauan Pasifik Selatan, Port Moresby, sekitar pukul 03.00 waktu setempat (15:00 GMT), ABC melaporkan.

Warga mengatakan perkiraan jumlah korban tewas saat ini melebihi 100 orang, meskipun pihak berwenang belum mengkonfirmasi angka tersebut. Penduduk desa mengatakan jumlah orang yang tewas mungkin jauh lebih tinggi.

Video di media sosial menunjukkan penduduk setempat mengeluarkan jenazah yang terkubur di bawah batu dan pohon.

Pemerintah dan polisi Papua Nugini tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Elizabeth Laruma, yang menjalankan asosiasi bisnis perempuan di Porgera, sebuah kota di provinsi yang sama dekat Tambang Emas Porgera, mengatakan rumah-rumah desa rata dengan tanah ketika sisi gunung runtuh.

“Ini terjadi ketika orang-orang masih tertidur pada dini hari, dan seluruh desa telah tenggelam. Dari perkiraan saya, ada sekitar 100 lebih orang yang terkubur di bawah tanah,” kata Laruma kepada ABC dikutip dari Gulf Today.

Tanah longsor menutup jalan antara Porgera dan desa tersebut, katanya, sehingga meningkatkan kekhawatiran mengenai pasokan bahan bakar dan barang bagi kota tersebut. (amr)

News Feed