English English Indonesian Indonesian
oleh

Perawatan Kucing Tergantung dari Ras, Sebaiknya Dikawinkan pada Usia Satu Tahun

FAJAR, MAKASSAR-Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak digemari. Tingkah laku, warna, wajahnya yang lucu menjadi beberapa alasan banyak dipelihara.

Namun untuk memelihara kucing tidak bisa asal dilakukan. Banyak hal yang harus diperhatikan, utamanya jenis kucing impor. Mulai dari makanan, vitamin, perawatan bulu, hingga pembersihan kuku dan telinga harus selalu diutamakan. Seperti yang terlihat dilakukan oleh peserta Cat Mini Fun Makassar (CMTM) yang digelar di Mal Panakkukang.

Ketua CMTM, Nur Indah Setianti mengatakan kegiatan CMTM bukan hanya sekadar lomba semata. Namun juga sebagai ajang silaturahmi dan sharing pengetahuan tentang kucing.

Kegiatan CMTM ini sudah dua kali dilakukan. Dimana untuk tahun ini ada sekitar 80 peserta yang ikut serta.

“Kali ini ada tiga kategori yang diperlombakan. Yakni lomba lahap (kitten dan Adult), lomba minum susu (kitten dan Adult), serta lomba cat fashion show,” kata Nur Indah Setianti saat ditemui di Mal Panakkukang, Minggu (19/05/2024).

Lebih Nur Indah menjelaskan untuk memelihara kucing itu tidak boleh asal dilakukan. Harus mengetahui kebutuhannya agar bisa sehat. Perawatan kucing impor dan lokal itu berbeda. Selain pakan, suhu dan kebersihan juga menjadi hal yang butuh perhatian khusus.

“Intinya setiap jenis kucing itu perawatan berbeda-beda, tidak boleh disamakan,” ucapnya.

Salah pencinta kucing Makassar, Abd Rahim menceritakan bahwa memelihara kucing adalah hobi yang menyenangkan. Namun untuk membuat kucing itu sehat juga dibutuhkan pengetahuan yang cukup. Bukan hanya masalah makanan, vitamin, dan perawatan semata saja yang butuh diperhatikan.

News Feed