English English Indonesian Indonesian
oleh

Jemaah Berpakaian Ihram Sejak dari Hotel

FAJAR, MADINAH-Jemaah calon haji (JCH) gelombang pertama yang sudah berada di Madinah akan mengambil miqat di Bir Ali untuk melaksanakan umrah di Makkah, Senin, 24 Mei 2024.

Petugas haji di semua sektor diharapkan menyampaikan ke ketua kloter dan ketua rombongan untuk mempersiapkan jemaahnya. “Mereka sudah berpakaian ihram sejak dari hotel. Jemaah laki-laki tidak lagi mengenakan pakaian berjahit. Sudah berwudhu dari hotel. Sehingga pendorongan di Bir Ali, kami sisa mengarahkan mereka untuk turun dan masuk ke masjid untuk salat dan berniat umrah,” jelas Ketua Sektor Bir Ali, Aziz Hegemor saat memberikan keterangan di ruang media centre haji (MCH) Daker Madinah usai apel pagi, Minggu, 19 Mei 2024.

Aziz yang didampingi tiga orang personel sektor Bir Ali, mengatakan sudah melakukan mitigasi dan menyebar petugas di lima titik. Pertama di pintu depan, kedua pintu tengah, ketiga pintu belakang, ke empat samping dan kelima di pintu masuk masjid. Petugas juga disiagakan di pintu toilet jika ada jemaah yang hendak ke kamar kecil.

Ditegaskan Aziz bahwa lansia tidak diizinkan untuk turun dari bus. Hal itu dilakukan agar lansia tidak lelah naik turun bus. Mereka bisa salat di atas bus.
Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya suasana Bir Ali pada saat pengambilan miqat dipastikan dipadati jemaah. Bukan hanya dari Indonesia tetapi dari seluruh dunia. “Makanya kami minta jemaah haji Indonesia benar-benar memerhatikan identitas bus yang dipakai. Nomor bus, dan posisi parkir mobil. Jangan sampai salah naik bus,” tambah Aziz.

News Feed