English English Indonesian Indonesian
oleh

JCH Gelombang Pertama ke Makkah Mulai 20 Mei

FAJAR, MADINAH-Sebanyak 90 ribu jemaah calon haji (JCH) Indonesia akan memasuki Madinah hingga 23 Mei 2024. Sementara mereka yang saat ini sudah berada di Madinah akan segera diberangkatkan secara bertahap menuju Makkah mulai 20 Mei 2024.

Hal itu dijelaskan Kepala Daker (Kadaker) Madinah Ali Machzumi sesaat setelah menyambut kedatangan jemaah kloter 27 asal Embarkasi Surabaya (SUB), Sabtu, 18 Mei 2024, Pukul 20.00 Waktu Arab Saudi (WAS).

Jemaah berjumlah 371 orang itu disambut dengan seremoni penaburan bunga, selawat badar. Turut hadir pimpinan hotel Odst Madinah. Selain mendapat bingkisan makanan dan minuman ringan, jemaah juga dihadiahi Alquran dan sejadah.

Menurut Ali Machzumi, seremoni penyambutan merupakan surprise yang dirancang oleh pihak Odst Hotel. Dia berharap jemaah bisa terhibur dan tidak merasa lelah setelah melakukan perjalanan panjang selama sembilan jam.

Menurut Ali Machzumi, jemaah yang saat ini sudah berada di Madinah mulai diberangkatkan ke Makkah dan mengambil miqat di Bir Ali pada 20 Mei 2024. Bagi jemaah lansia tidak perlu turun dari bus. “Jemaah lansia bisa mengambil miqat di atas bus,” kata Ali.

Pemberangkatan delapan kloter ke Makkah akan dilakukan dengan tiga tahapan, dimulai Pukul 06.00 WAS, siang ba’da zuhur dan asar. “Berharap lancar, jemaah bisa tiba di Makkah dengan selamat dan melaksanakan ibadah haji,” ujarnya.

Pihaknya sudah melakukan mitigasi untuk kesiapan bus dan makanan selama perjalanan. Termasuk kesiapan petugas di Sektor Bir Ali menyambut jemaah yang akan mengambil miqat. Tim kesehatan Daker Madinah juga menyiapkan pampers jika ada yang membutuhkan dalam perjalanan. Khusus untuk lansia, posisi duduk di atas bus di bagian depan dan lorong agar memudahkan evakuasi saat tiba di Makkah.

Data dari sistem informasi haji terpadu (Siskohaj) menyebutkan gelombang pertama jemaah yang tiba di Madinah sebanyak 90.255 yang dibagi dalam 229 kloter. Sedangkan jemaah gelombang kedua dari Indonesia yang akan langsung memasuki kota Makkah mulai 24 Mei 2024 berjumlah 123.065 orang. Mereka ini bergabung dalam 325 kloter. (erniwati/*)

News Feed