English English Indonesian Indonesian
oleh

5 Hari Pasca Penembakan, Perdana Menteri Slovakia Robert Fico Masih dalam Kondisi Serius

FAJAR, BANSKA BYSTRICA—Perdana Menteri Slovakia Robert Fico masih dalam kondisi serius dan masih menghadapi risiko komplikasi pasca penembakan, Akan tetapi ia sudah stabil.

Hal itu diungkap para pejabat Slovakia setelah upaya pembunuhan pada hari Rabu atau lima hari yang lalu.

Perdana menteri berusia 59 tahun itu ditembak lima kali dari jarak dekat dalam sebuah serangan yang mengguncang seluruh Eropa dan meningkatkan kekhawatiran atas keadaan politik yang terpolarisasi di Slovakia, sebuah negara di Eropa tengah yang berpenduduk 5,4 juta orang.

“Kami belum menang, itu penting untuk dikatakan,” kata Wakil Perdana Menteri Robert Kalinak, memberikan informasi terkini tentang kondisi Fico di depan rumah sakit di kota Banka Bystrica tempat perdana menteri dirawat dikutip dari NTD.

Pengadilan Kriminal Khusus Slovakia memutuskan pada hari Sabtu bahwa tersangka, yang diidentifikasi oleh jaksa sebagai Juraj C., akan tetap ditahan setelah didakwa melakukan percobaan pembunuhan.

Menteri Dalam Negeri Matus Sutaj Estok mengatakan tersangka penyerang, yang ditahan di tempat, bertindak sendirian. Tersangka sebelumnya ikut serta dalam protes anti-pemerintah pada hari Kamis.

Kalinak sendiri mengatakan tidak perlu mengambil alih tugas resmi Fico secara formal saat komunikasi dengan perdana menteri sedang berlangsung.

Fico menjalani operasi dua jam pada hari Jumat yang meningkatkan prospek kesembuhannya. “Kami berhasil mendekati prognosis positif secara bertahap,” kata Kalinak.

“Pada jam-jam awal, prognosisnya sangat-sangat buruk, Anda tahu bahwa suntikan ke perut pada dasarnya berakibat fatal, dalam kasus ini [para dokter] berhasil membalikkan keadaan ini dan lebih menstabilkan kondisinya,” lanjutnya.

News Feed