English English Indonesian Indonesian
oleh

Tabungan, Deposito, dan LPS

Akan tetapi, apabila diperhatikan dari segi kesempatan, menunjukkan bahwa deposan menyimpan uang dalam deposito berjangka satu tahun, maka pengambilannya nanti pada saat jatuh tempo. Apabila akan dicairkan sebelum jatuh tempo, dikenakan finalty atau denda.

Bagi pebisnis yang membutuhkan dana tabungan setiap saat dapat dicairkan, lebih menguntungkan menabung biasa dibanding dibandingkan deposito. Karena simpanan dalam bentuk tabungan tidak dikenakan denda bunga. Di samping itu, baik simpanan dalam bentuk tabungan dan deposito berjangka dapat dijadikan jaminan kredit.

Apabila dibandingkan dengan investasi pada bisnis yang tingkat keuntungannya 3 persen per bulan, berarti untungnya 36 persen per tahun. Dari segi keamanan, uang nasabah aman disimpan di bank. Bahkan saat Ini dengan adanya Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang menjamin keamanan simpanan uang nasabah di bank, khusus untuk wilayah Sulawesi dan sekitarnya.

Kantornya telah diresmikan di wilayah III Makassar yang berlokasi di Jl. Urip Sumoharjo, Gedung Graha Pena Lt 17. Lembaga ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai program penjaminan, baik perbankan maupun asuransi, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap sistem keuangan makin bertambah. Dengan adanya lembaga penjaminan simpanan, apabila terjadi likuidasi (ditutup) suatu bank, maka simpanan nasabah akan diselesaikan oleh lembaga ini.

Oleh sebab itu, dari segi keamanan menyimpan dana di bank dinilai aman. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan oleh nasabah bank bahwa simpanannya dijamin oleh LPS apabila nilainya tidak melebihi dari Rp2 miliar dan bunga yang diterima oleh nasabah tidak melebihi bunga simpanan yang ditetapkan oleh LPS yang  saat ini sebesar 4,25 per per tahun.

News Feed