English English Indonesian Indonesian
oleh

Kisah Perjuangan Sulthan Dg Radja Rebut Kemerdekaan akan Difilmkan

FAJAR, BULUKUMBA- Kisah pahlawan Nasional Andi Sulthan Dg Radja akan segera di filmkan. Film akan dibawakan secara kolosal dengan mempertontonkan perjuangan Sulthan Dg Radja merebut kemerdekaan.

Film akan diproduksi Noverik Aulia Visual. Rumah film yang banyak memfilmkan perjuangan tokoh nasional.

Produser Film Sulthan Dg Radja, Hary yang ditemui Harian Fajar mengatakan, pihaknya akan mulai jalan Agustus 2024 ini. Dimulai dengan dilakukan riset dari para narasumber, buat skrip dan bedah skrip.

Untuk membuat film, Hary mengaku nantinya akan membutuhkan pemain yang sangat banyak. Itu mengingat film akan buat secara kolosal dengan menampilkan perjuangan Sulthan Dg Radja bersama warga merebut kemerdekaam di tanah Bulukumba.

” Sekitar 200 pemain kita butuhkan. Setelah skrip selesai kita akan buka casting film yang pemerannya mengutamakan talen Bulukumba yang memiliki bakat,” kata Hary.

Hary mengaku tertarik memfilmkan sosok Sulthan Dg Radja, dimana beliau merupakan tokoh penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Dia merupakan putra daerah yang berperang aktif melawan penjajah di tanah Butta Panrita Lopi. Bersama Dr Ratulangi dan Andi Pangareng Pettarani, Andi Sultan Daeng Radja, diutus sebagai wakil Sulawesi Selatan mengikuti rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) di Jakarta.

” Yang pasti akan seru, karena kita akan kupas tuntas sosok beliau,” katanya.

Untuk membuat film nantinya, beberapa pemeran alan diterbangkan kebebrapa daerah, termasuk ke Manado tempat Sulthan Dg Radja diasingkan karena dianggap dalang pemberotakan oleh kolonial.

News Feed