English English Indonesian Indonesian
oleh

Ditembak, Perdana Menteri Slovakia Masih Kritis

FAJAR, SLOVAKIA—Perdana Menteri Slovakia Robert Fico berada dalam kondisi serius namun stabil usai ditembak. Perkembangan Robert Fico disampaikan seorang pejabat rumah sakit.

Pemimpin populis itu ditembak beberapa kali dalam upaya pembunuhan yang mengguncang negara kecil itu dan bergema di seluruh benua beberapa minggu sebelum pemilu Eropa.

Seorang tersangka telah ditahan, dan Menteri Dalam Negeri Matus Sutaj Estok mengatakan bahwa penyelidikan awal menemukan “motivasi politik yang jelas” di balik serangan terhadap Fico ketika dia menghadiri pertemuan pemerintah di bekas kota pertambangan batu bara.

Fico telah lama menjadi tokoh yang memecah belah di Slovakia dan sekitarnya, dan kembalinya ia berkuasa tahun lalu dengan pesan yang pro-Rusia dan anti-Amerika menyebabkan kekhawatiran yang lebih besar di antara sesama anggota Uni Eropa bahwa ia akan meninggalkan negaranya yang pro-Barat.

Upaya pembunuhan terhadap Fico pada hari Rabu terjadi pada saat polarisasi tinggi di Slovakia ketika ribuan demonstran berulang kali melakukan unjuk rasa di ibukota dan di seluruh negeri untuk memprotes kebijakannya. Hal ini juga terjadi menjelang pemilihan Parlemen Eropa pada bulan Juni.

Dikutip dari The Telegraph Online, pemerintahan Fico telah menghentikan pengiriman senjata ke Ukraina, dan berencana mengubah hukum pidana untuk menghilangkan jaksa khusus anti-korupsi dan mengambil kendali media publik.

Para pengkritiknya khawatir bahwa ia akan membawa Slovakia – negara berpenduduk 5,4 juta jiwa yang menjadi anggota NATO – ke jalur yang lebih otokratis.

News Feed