English English Indonesian Indonesian
oleh

Satu JCH Gowa Harus Tunda Keberangkatan

FAJAR, MAKASSAR – Satu jemaah calon haji (JCH) kloter 5 dari Kabupaten Gowa tunda berangkat. Penyebabnya karena sakit.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten, Aminuddin membeberkan hal tersebut. Meski demikian kata dia, CJH ini tetap akan di berangkat di tahun ini.

Hanya ditunda karena CJH yang diketahui bernama M Saleh masih masa pemulihan. “Sebenarnya sudah bisa karena sudah baik, sisa perlu pemulihan. Tetapi karena Gowa itu pemberangkatannya 4 tahap, sehingga diminta untuk pulih dahulu baru berangkat agar lebih sehat,” katanya.

Sehingga, ia dimutasi ke kloter 35. Dia ditukar dengan kloter lainnya, sehingga jumlah kloter 5 tetap utuh sebanyak 450 orang.

Dia juga mengatakan bahwa total keseluruhan dari Gowa yang berangkat tahun ini sebanyak 645 jemaah. Dibagi dalam empat tahap pemberangkatan, satu utuh dan tiga gabungan dengan kabupaten kota lainnya. Untuk kloter 5 ini, sesuai jadwal mereka akan diterbangkan hari ini. Rencananya, mereka akan dilepas langsung oleh Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi.

Terpisah, Sekretaris PPIH Embarkasi Makassar, Ikbal Ismail menyampaikan bahwa hingga kemarin total jemaah yang sudah diberangkatkan sebanyak 1.394 orang. Terdiri atas kloter satu, dua, tiga, dan empat. “Ada batal satu di kloter satu karena hamil, dan penggantinya sudah ada. satunya ada yang tertunda keberangkatan karena umur vaksin belum cukup. Keberangkatan jemaah tersebut ditunda ke kloter selanjutnya,” ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa yang tertunda itu akan diberangkatkan setelah umur vaksinnya sudah cukup selama 14 hari. Bersangkutan akan diberangkatkan ke kloter selanjutnya saat ada seat pesawat yang kosong. (mum)

News Feed