English English Indonesian Indonesian
oleh

Didaulat Jadi Inspektur Upacara Pelepasan Lulusan PIP, AIA: Pelaut Jadi Ujung Tombak Wujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

“Jadi SDGs dipandang sebagai peluang untuk mengubah dunia menjadi lebih baik dan tidak meninggalkan siapa pun,” tuturnya.

Dewan Kehormatan BPP Hipmi itu juga mengatakan bahwa International Maritime Organization (IMO) secara aktif berupaya mewujudkan agenda pembangunan berkelanjutan 2030 dan sustainable development goals terkait.

“Kita ketahui bersama bahwa pelaut memiliki peran penting dalam mendukung IMO dan tujuan pembangunan berkelanjutan. Mereka membantu memastikan keamanan dan keberlanjutan transportasi laut, pengiriman barang-barang yang vital serta mengelola sumber daya laut secara berkelanjutan,” bebernya.
Ketua Gerindra Sulsel itu menjelaskan, bahwa pelaut juga terlibat dalam penanggulangan pencemaran laut dan menjaga kelestarian lingkungan laut, kontribusi penting dalam mencapai pembangunan berkelanjutan, sesuai dengan aturan marpol yang dikeluarkan oleh IMO.

Pengoperasian sebuah kapal tidak hanya mencari sebuah keuntungan personal bagi sebuah perusahaan, yang dimana dalam pengoperasian kapal tersebut harus tetap memperhatikan lingkungan laut dan tidak merusak ekosistem laut.

Pelaut merupakan pekerja kunci yang memegang peranan paling penting terhadap keberlangsungan hidup di bumi dan strategi dalam menjaga keseimbangan pergerakan perpindahan orang dan barang serta menjamin komoditas di dunia agar tetap lancar, aman, dan selamat sampai tujuan.

“Untuk menghadapi tantangan tersebut, maka para perwira pelayaran niaga harus terus semangat untuk belajar serta meningkatkan pengetahuan dan skill agar dapat terus memberikan pelayanan yang terbaik di bidang pelayaran,” katanya.

News Feed