English English Indonesian Indonesian
oleh

Tokoh Pendidikan Bantaeng Sebut Ilham Azikin Kepala Daerah Visioner

FAJAR, BANTAENG — Rencana Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mengratiskan empat jenis seragam sekolah mendapat tanggapan berbagai pihak di Kabupaten Bantaeng. Tokoh pendidikan Bantaeng menyebut program ini adalah sudah dilakukan pemerintah Kabupaten Bantaeng sejak 2019 atas inisiasi Bupati Bantaeng periode 2018-2023, DR Ilham Azikin.

“Ini bukti jika DR Ilham Azikin itu adalah kepala daerah yang visioner. Dia sudah mengetahui apa sebenarnya yang dibutuhkan orang banyak,” kata tokoh pendidikan Kabupaten Bantaeng, Baharuddin SIP, MM.

Pendiri kelas jauh SD Parring-parring di Lanyying ini menyebut, jika program seragam gratis yang diinisasi Ilham Azikin justru lebih baik dari program yang akan dilaksanakan oleh Kemendikbudristek. Dia menyebut, program seragam gratis Pemkab Bantaeng bahkan menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

“Semua peserta didik tersentuh. Tidak ada pemilahan, yang mana miskin dan kaya. Kalau di Kemendikbudristek, yang menerima seragam gratis hanya murid dari kalangan orang tua berpendapatan rendah saja,” kata dia.

Baharuddin menambahkan, kelebihan lain dari program seragam gratis Pemkab Bantaeng adalah menyentuh seluruh lapisan jenjang pendidikan. Mulai dari TK, SD dan SMP. Sedangkan program Kemendikbudristek tidak menyentuh jenjang TK.

“Kita menyentuh seluruh jenjang pendidikan. Kecuali SMA, karena SMA bukan di wilayah tugas Kabupaten,” kata dia.

Mantan Kepala Cabang Dinas Sinoa, Ulu Ere dan Bissappu ini juga menyebut jika program gratis seragam sekolah memang tidak populis jika dibandingkan program-program yang berkaitan dengan pembangunan fisik. Tetapi program ini sangat membantu untuk peningkatan SDM masyarakat.

News Feed