English English Indonesian Indonesian
oleh

PPL Selama 3 Bulan di SD Telkom, Mahasiswa PPG Unismuh Makassar Resmi Ditarik

FAJAR, MAKASSAR– Penarikan mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL) 1 program Profesi Guru (PPG) Unismuh Makassar yang menjalani praktik di SD Telkom Makassar, berlangsung Selasa, 14 Mei 2024.

Kegiatan ini ditutup dengan acara seremonial yang dihadiri oleh Kepala Sekolah SD Telkom Makassar, Ta’wil M.Pd, Dosen Pembimbing Lapangan Hadisaputra M.Si, guru pamong Sulastri S.Pd. Gr., dan lima orang mahasiswa PPG.

Dalam sambutannya, Kepala SD Telkom, Ta’wil menyampaikan pentingnya PPL sebagai jembatan antara teori dan praktik.

“Tujuan utama dari PPL adalah untuk memberikan gambaran nyata tentang dunia kerja kepada para mahasiswa PPG. Hal ini dikarenakan, antara teori yang diajarkan di bangku kuliah dengan realitas di lapangan, sering kali terdapat perbedaan yang signifikan,” ujar Ta’wil.

Ta’wil, yang baru diamanahkan sebagai Kepala Sekolah SD Telkom tahun lalu, menceritakan pengalamannya sebagai guru yang pernah menjalani proses pendidikan dengan standar ideal.

“Selama masa kuliah, saya mempelajari berbagai model pembelajaran, karakter peserta didik, dan berbagai aspek pendidikan lainnya. Namun, ketika saya memasuki dunia kerja, saya menyadari bahwa semua teori tersebut tidak sepenuhnya relevan dengan kenyataan di lapangan. Inilah mengapa perbedaan antara teori dan praktik menjadi sangat nyata,” ungkapnya.

Selama kurang lebih tiga bulan, para mahasiswa PPG telah mengamati dan mengajar di SD Telkom Makassar, memberikan mereka kesempatan untuk membandingkan antara teori yang telah mereka pelajari dengan kondisi nyata di lapangan.

News Feed