English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia UNM Kuliah Praktisi Studi Wacana di FAJAR

FAJAR, MAKASSAR-Mahasiswa Progam Studi Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) berkunjung ke Redaksi Harian FAJAR, Selasa, 14 Mei 2024. Kunjungan mahasiswa mata kuliah “Studi Wacana” itu untuk mengetahui praktik wacana di media massa.

Mata kuliah yang diampuh Dosen Sastra Indonesia UNM, Andi Sahtiani Jahrir ini juga melibatkan dosen praktisi mengajar, Ilham yang merupakan Redaktur FAJAR. Praktisi Mengajar merupakan program Kampus Merdeka yang diinisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Dalam kunjungan itu, mahasiswa menggali informasi terkait proses produksi berita di media. Proses itu dari berita yang diproduksi reporter ke editor, kemudian desain halaman hingga didistribusikan secara luas. Bukan hanya itu, mahasiswa juga mendapatkan pengetahuan penting media sebagai praktik wacana.

Mereka pun dikenalkan rubrik-rubrik yang terdapat dalam media, penentuan berita utama, dan kelayakan berita yang dimuat. Termasuk ruang yang bisa dimanfaatkan praktik wacana publik yakni menulis di rubrik opini. Menulis opini di media massa menjadi satu keterampilan yang memerlukan kombinasi analisis kritis, argumentasi kuat, dan gaya penulisan yang menarik.

Ilham mengatakan, aspek harus diperhatian yakni memilih topik yang relevan dan menarik. Pilih topik atau isu-isu terkini yang sedang dibicarakan oleh masyarakat. Meskipun opini adalah pandangan pribadi, tetapi membutuhkan data dan fakta yang kuat untuk mendukung argumentasi penulisnya. Dalam penyajian, gunakan bahasa lugas, jelas, dan padat. Penulis juga dalam menulis harus memahami karakter dan pedoman media tersebut. (*/ham)

News Feed