English English Indonesian Indonesian
oleh

Juventus dan Bologna Kunci Tiket Liga Champions, AS Roma di Ujung Tanduk

FAJAR, TURIN—Juventus dan Bologna mengamankan tempat di Liga Champions 2024-25. Kekalahan AS Roma di markas Atalanta membuat mereka dipastikan finis di lima besar.

Klub Serie A Italia bersama Bundesliga mendapat jatah lima tiket Liga Champions musim ini. Itu adalah aturan baru UEFA untuk kompetisi antarklub terbesar mereka.

Pada laga pekan ke-36, Bologna menang 2-0 atas Napoli. Sementara Juventus imbang 1-1 dengan Salernitana,.

Dengan hasil itu, Bianconeri dan Rossoblu sama-sama mengoleksi 67 poin dari 36 pertandingan liga musim ini. Mereka unggul tujuh poin dari Roma yang ada di tempat keenam.

Karena Serie A hanya menyisakan dua laga lagi, secara otomatis mereka tak bisa lagi tergusur dari lima besar. AS Roma pun kini diujung tanduk.

Mereka kini terancam kembali absen di Liga Champions. Pasalnya, mereka kini tertinggal tiga angka di belakang Atalanta. Selain itu, Roma gagal melaju ke final Liga Europa.

Dua laga terakhir akan menentukan nasib mereka. Sebaliknya, Atalanta masih bisa melaju ke Liga Champions lewat jalur juara Liga Europa jika disalip Roma atau Lazio yang berjarak empat angka di belakang mereka.

Khusus Bologna, ini akan menjadi penampilan pertamanya di turnamen final Liga Champions atau Piala Eropa.

Mereka pernah tampil di babak penyisihan kompetisi pada tahun 1964, namun belum pernah berkompetisi di putaran final.

Bologna belum pernah berkompetisi di kompetisi Eropa mana pun selama lebih dari 20 tahun. Pertandingan kontinental terakhir mereka terjadi di Piala Intertoto pada tahun 2002. Saat itu, mereka kalah 5-3 melawan Fulham dalam dua leg final. (amr)

News Feed