English English Indonesian Indonesian
oleh

JCH Makassar Kloter Pertama Tiba di Madinah, Tempati Dua Hotel di Wilayah Sektor Satu

FAJAR, MADINAH-Sebanyak 449 orang jemaah calon haji (JCH) kloter pertama asal Makassar tiba di Madinah Pukul 02.00 Waktu Madinah, Senin, 3 Mei 2024.

Rombongan ini ditempatkan di dua hotel di wilayah sektor satu. Yaitu Fayrooz Hotel 229 orang dan Safwat Hotel 150 orang.

Berdasarkan data siskohat haji, jumlah jemaah lansia usia 70 tahun ke atas sebanyak 27 orang. Sementara lansia berusia 80 tahun ke atas tercatat tiga orang. Yaitu, Haliani Dg Niagi (88), Nadi La Dola Kanrado (88), Menning Latapa Latalebe (87), dan Halimah (78) serta Daeng Pati (79).

Jemaah yang tiba di sektor satu pada Senin dini hari, juga datang dari Embarkasi Solo (SOC) sebanyak 360 orang. Ada 15 persen jemaahnya adalah lansia. Yang tertua berusia 95 tahun. Dan yang termuda berusia 20 tahun. Umumnya berasal dari Kabupaten Temanggung yang merupakan wilayah penghasil tembakau.

Para lansia ini umumnya baru pertama kali naik pesawat bahkan keluar dari kampungnya dan menikmati tidur di hotel. Sehingga dapat dimaklumi jika mereka tidak paham menggunakan lift, kunci kamar, menyalakan lampu maupun penggunaan kamar mandi.

Beberapa petugas haji memberikan pendampingan hingga ke kamar. Termasuk mengingatkan jemaah lansia agar hati-hati ketika saat menyalakan air di kamar mandi. ” Khawatir mereka memutar air kran bagian yang panas. Kan bahaya. Jadi harus kami jelaskan hingga hal-hal yang seperti itu,” Jelas Tomi dari Media Centre Haji (MCH) yang ikut menjemput jemaah Solo kemarin.

Lansia yang berangkat beribadah haji ini, ada yang didampingi keluarga tetapi juga ada yang datang sendirian tanpa pendamping. Sakdiyah (73), jemaah asal solo termasuk jemaah lansia yang beruntung. Dia berangkat bersama 12 cucunya.

News Feed