English English Indonesian Indonesian
oleh

JCH Makassar Kloter Pertama Tiba di Madinah, Tempati Dua Hotel di Wilayah Sektor Satu

Waqiah (75), berhaji tanpa keluarga. Wanita yang sehari-harinya bekerja sebagai petani ini menunggu sembilan tahun pemberangkatan.

Fatonah usia 83 tahun, berangkat tanpa didampingi suami. “Nomor haji saya keluar, tapi nomor haji suami saya tidak. Akhirnya saya berangkat sendiri,” jelas Fatonah. Padahal terangnya, usia suaminya jauh lebih tua dibanding dirinya.

Sukaelan, laki-laki, tercatat sebagai jemaah tertua di rombongan jemaah Solo yang tiba dini hari kemarin. Usianya 90 tahun. Dia dampingi Tuardi, putra ketiganya. Heni Sarwendah (80)’ didampingi putrinya yang menggantikan suaminya yang meninggal beberapa tahun lalu.

Kaki Bengkak

Lamanya perjalanan memengaruhi kondisi kesehatan jemaah haji Indonesia. Beberapa lansia mengalami kaki bengkak dan dehidrasi saat tiba di Madinah. Seperti yang dialami Sakdyah yang berusia 73 tahun. Kakinya bengkak.

Dr Anne Dwi Sari tahun 2023 pernah mengingatkan jemaah mempersiapkan diri saat hendak menunaikan ibadah haji dan menjaga kesehatan saat perjalanan. Karena salah satu yang dikhawatirkan sering jemaah lansia menolak makan atau minum karena khawatir akan bolak-balik ke toile,” jelas Anne sebagaimana dikutip dari laman Direktoral Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah tahun 2023.

Salah satu tips yang diberikan dengan melakukan stretching tangan kanan dan kiri. Kaki juga digerakkan sebanyak delapan kali. Kepala dimiringkan ke kanan dan kiri . Jemaah umumnya mengeluhkan dehidrasi karena menahan untuk tidak minum. (er)

Data Kloter dan Jemaah

Jumlah kloter yang sudah tiba 19 kloter dengan jumlah jemaah 7.468.

News Feed