English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen PPs UNM Sosialisasikan Pentingnya Ruang Publik Sekolah di SMAN 1 Majene

FAJAR, MAJENE – Dosen Program Pascasajarna (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr. Ahmadin, S.Pd, M.Pd melakukan sosialisasi pentingnya pemanfaatan ruang publik sekolah sebagai ruang belajar di SMAN 1 Majene, Sabtu (11/5/2024).

Kegiatan bertopik “PKM Pemanfaatan Ruang Publik Sekolah sebagai Fasilitas Belajar di SMAN 1 Majene” ini, merupakan rangkaian pelaksaan Program Kemitraan Terpadu PPs UNM.

Ahmadin yang juga terkenal sebagai dosen penulis karya-karya tentang ruang publik dan sosiologi ruang ini, memulai bahasan materinya dengan mengatakan perlunya perubahan paradigma ruang belajar klasik yang berpusat dalam kelas ke cara modern di luar kelas.

Adapun rekomendasi yang ditawarkan yakni perlunya pemanfaatan ruang publik sekolah sebagai ruang belajar yang nyaman dan santai.

“Idealnya setiap sekolah memiliki ruang publik yang representatif, tidak hanya sebagai fasiltas belajar tetapi juga sebagai panggung dalam membingkai partisipasi siswa”, ungkapnya.

Lebih jauh dosen PPs UNM yang juga penulis buku Sosiologi Ruang Publik Perkotaan itu menyampaikan, ruang publik saat ini merupakan kebutuhan mendasar bagi siswa dan guru di sekolah. Untuk itu, menurut Ahmadin betapa pun sederhana ruang publik yang dimiliki suatu sekolah, yang terpenting adalah memaksimalkan fungsinya.

Dalam kegiatan ini juga dijelaskan desain dan tata kelola ruang publik sekolah yang ideal sehingga memberi kenyamanan bagi pihak-pihak yang memfungsikannya.

Pemaparan materi ini disambut cukup antusias para guru dan mereka tidak hanya sebatas bertanya tentang seperti apa ruang-ruang publik yang baik.

News Feed