English English Indonesian Indonesian
oleh

Australian Alumni Networking, Datangkan Para Alumni dan Komunitas Pemuda

MAKASSAR, FAJAR — Perwakilan perusahaan Australia dan komunitas pemuda yang memiliki ketertarikan dengan Australia, berkumpul dalam gelaran acara Australian Alumni Networking Event 2024.

Mereka ini silaturahmi sekaligus makan malam bersama. Selain itu ada sekitar 600 alumni Australia yang tinggal di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Mereka semuanya berkumpul di Hotel The Rinra, Jl Metro Tanjung Bunga, Makassar, Sabtu, 11 Mei 2024.

Konsul Jenderal Australia di Makassar, Todd Dias, mengatakan, Makassar memiliki hubungan sejarah yang lama dengan Australia mulai beberapa abad yang lalu.

Itu berkat transaksi perdagangan antara masyarakat Sulawesi yang mencari teripang di Australia dan penduduk asli di Australia bagian utara. 

“Oleh karena itu, meskipun kita merayakan HUT ke-75 hubungan diplomatik yang formal tahun ini,” ungkapnya.

Kata Todd, ia mengakui bahwa hubungan tersebut dibangun atas dasar hubungan yang jauh lebih lama lagi dengan Makassar.

Peringatan tahun ini terjadi satu tahun setelah peringatan HUT ke-70 program beasiswa Australia. 

Program ini dimulai pada tahun 1953 dan merupakan program beasiswa luar negeri terlama di Indonesia, dengan lebih dari 200 ribu alumni di Indonesia. 

Menurutnya, selama lebih dari tujuh dekade, Australia telah bermitra dengan Indonesia dalam pengembangan sumber daya manusia.

Tak hanya itu, juga menanggapi prioritas pembangunan sosial dan ekonomi, serta mempertahankan hubungan yang erat antara Indonesia dan Australia. (wis)

News Feed