English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen UNM Berikan Pelatihan Pembuatan Sandal dari Limbah Plastik Kresek di Desa Leppangan Majene

FAJAR, MAJENE – Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Leppangan, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Kegiatan dengan judul Pelatihan Pembuatan Sandal dari Limbah Kantong Plastik Kresek ini dilaksanakan pada Sabtu, 11 Mei 2024.

Acara pembukaan PKM ini dihadiri oleh Kepala Desa Leppangan, Arman Nur, serta para Pemuda Karang Taruna Desa.

Arman Nur menyambut baik kegiatan ini dan berharap dapat memberikan inspirasi bagi pemuda desa untuk pengembangan kelompok masyarakat yang ada di desanya.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan PKM ini, karena selain memberikan keterampilan baru bagi masyarakat. Kegiatan ini juga dapat membantu mengurangi sampah plastik di desa kita,” ujar Arman Nur.

Sementara itu, salah satu dosen pengabdi Muhammad Haristo Rahman menjelaskan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya sampah plastik dan memberikan alternatif solusi untuk memanfaatkan kembali sampah plastik menjadi produk yang bermanfaat.

“Melalui pelatihan ini, kami berharap masyarakat dapat terinspirasi untuk selalu memanfaatkan benda plastik agar tidak menjadi limbah yang berserakan,” jelas Haristo.

Dalam kegiatan PKM ini, para peserta diajarkan cara membuat sandal dari limbah kantong plastik kresek. Para peserta tampak antusias mengikuti pelatihan ini dan menghasilkan sandal-sandal yang unik dan kreatif.

Kegiatan PKM ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Leppangan, baik dalam hal peningkatan keterampilan, maupun dalam hal menjaga kebersihan lingkungan. (ams)  

News Feed