English English Indonesian Indonesian
oleh

Bantu Pemulihan Bencana Sulsel, Unhas Inisiasi KKN Tematik Tanggap Bencana ke Luwu

FAJAR, LUWU-Universitas Hasanuddin (Unhas) melanjutkan komitmen peduli bencana Sulsel dengan mengirimkan logistik ke Desa Kampale, Kabupaten Sidrap dan Tim Tanggap Bencana ke wilayah Luwu yang dilanda banjir dan longsor.

Selain itu, dalam waktu singkat setelah bencana, Unhas juga menginisiasi program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Tanggap Bencana. KKN tematik ini diikuti 8 mahasiswa dari lintas fakultas dan telah berangkat, Jumat, 10 Mei 2024.

Keberangkatan tim KKN Tematik ini bersama tim relawan tanggap darurat yang diinisiasi Unhas dengan total 29 orang. Tim yang berangkat dilepas oleh Direktur Transformasi Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Sahriyanti Saad dan Direktur Kemahasiswaan Unhas, Abdullah Sanusi.

Delapan mahasiswa Unhas peserta KKN Tematik terlibat langsung dengan masyarakat terdampak banjir dan memberikan bantuan serta melakukan pembersihan fasilitas umum dan rumah-rumah warga terdampak bencana.

Selain peserta KKN, keberangkatan tim juga didampingi oleh dosen yaitu, Syarifuddin Mabe Parenreng selaku Kepala Subdirektorat Pendidikan Berbasis Pengabdian Kepada Masyarakat dan dr Irwin Aras, KKN Kesehatan Profesi Unhas, serta dosen lain dari beberapa fakultas berbeda.

Mahasiswa KKN Unhas ini akan beraktivitas di wilayah terdampak dengan fokus di Kabupaten Luwu selama dua minggu dan memastikan bantuan serta dukungan berkelanjutan kepada masyarakat yang terkena dampak.

“Dalam pelaksanaannya, mahasiswa KKN akan melakukan berbagai kegiatan, antara lain memberikan bantuan penyaluran logistik, melakukan asesmen, dan menerapkan solusi berkelanjutan. Tugas mereka mencakup berbagai bidang, mulai dari layanan kesehatan dan sanitasi hingga pembersihan fasilitas umum, rumah ibadah dan pemberdayaan masyarakat,” terang Sahriyanti Saad dalam rilisnya ke FAJAR.

News Feed