FAJAR, JAKARTA-Thailand saat ini tercatat sebagai salah satu pusat industi dan perdagangan baru di Asia, khususnya ASEAN, hal ini tergambar dalam acara “Thailand Industrial Business Matching”, yang diselenggarakan pada Kamis, 02 Mei 2024, bertempat di Hotel Kempinski Jakarta.
Event akbar ini diselenggarakan oleh Pusat Perdagangan Thailand (TTC) Jakarta dan Departemen Promosi Perdagangan Internasional (DITP), dan menjadi sorotan utama di tengah ekspansi ekonomi yang sedang berlangsung.
Menurut Mrs. Hataichanok Sivara, Direktur Thai Trade Center, Jakarta, fokus event ini adalah mengeksplorasi peluang perdagangan dan investasi antara Thailand dan Indonesia, khususnya dalam sektor elektronik, konstruksi, serta peralatan rumah tangga seperti AC, kulkas, dan kendaraan bermotor.
Menurut catatan resmi, pada Januari 2024, Thailand telah menyaksikan enam bulan berturut-turut pertumbuhan ekspor, didorong oleh bangkitnya sektor elektronik dan peningkatan ekspor produk pertanian. Angka dari Kementerian Perdagangan Thailand menunjukkan peningkatan ekspor sebesar 10% tahun ke tahun bulan lalu, mencapai $22,64 miliar, menandai pertumbuhan tercepat dalam 19 bulan.
Antara tahun 2024 dan 2026, PDB Thailand diproyeksikan akan berkembang dengan tingkat rata-rata tahunan sebesar 3,4%, menandai peningkatan yang signifikan dari 2,5% yang tercatat pada tahun 2023 dan mendekati potensi jangka panjangnya. Namun, pertumbuhan ini tetap sedikit di bawah rata-rata sebelum pandemi Covid-19 sebesar 3,7% selama dekade sebelumnya.
Sektor industri Thailand telah berkembang secara signifikan sejak 1980-an, menjaga posisinya sebagai salah satu pusat industri terbesar di Asia Tenggara meskipun adanya kehadiran multinasional yang meningkat. Acara ini bertujuan untuk memfasilitasi diskusi tentang prospek pasar dan kolaborasi potensial antara perusahaan-perusahaan Thailand dan Indonesia.
Untuk memfasilitasi diskusi bisnis, acara “Thailand Industrial Business Matching” mengadakan pertemuan tatap muka antara pengusaha Thailand, terutama dari sektor elektronik dan peralatan rumah tangga, dengan rekan-rekan mereka dari Indonesia. Sekitar 20 perwakilan bisnis Thailand diharapkan akan berpartisipasi dalam acara tersebut.
Lanskap industri Thailand menawarkan banyak peluang untuk pertumbuhan dan kolaborasi, dengan tujuan memanfaatkan basis industri yang kuat dan keahliannya. “Acara ini berfungsi sebagai platform untuk meningkatkan kolaborasi, mendiskusikan dinamika pasar, dan membentuk kemitraan strategis antara pemangku kepentingan dari kedua negara,“ ujar Mrs. Hataichanok Sivara, Direktur Thai Trade Center, Jakarta.
Para peserta dari Thailand yang berpartisipasi, di antaranya adalah R.J. London Chemicals Industries CO., LTD., Chaturong Cooling Limited Partnership, P.S.P. Specialties PCL, dan TN Group Corporation CO., LTD.
Dukungan untuk acara ini juga datang dari berbagai asosiasi industri Indonesia, termasuk Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Asosiasi Industri Komponen Otomotif Kecil dan Menengah (PIKKO) Indonesia, dan Asosiasi Perusahaan Elektronik dan Peralatan Rumah Tangga (GABEL) Indonesia.
Sektor manufaktur Thailand beragam, dengan beberapa industri mendominasi pasar ekspor. Beberpa sektor yang terlibat di acara ini adalah industri elektronik, konstruksi, dan peralatan rumah tangga, termasuk AC, refrigeration machine, dan otomotif.
Potensi Industri Elektronik dan AC di Thailand
Keahlian Thailand dalam manufaktur peralatan listrik dan elektronik (E&E) patut diacungi jempol, mencapai hingga 24% dari total ekspor negara. Sektor ini tidak hanya memberikan kontribusi yang signifikan terhadap PDB, mencapai 10,4%, tetapi juga memberikan lapangan kerja bagi sekitar 800.000 orang melalui sekitar 2.500 perusahaan yang aktif.
Rentang produk yang diproduksi meliputi mesin cuci, penyejuk udara, komputer, semikonduktor, dan panel display, menyoroti keragaman industri dan kemajuan teknologinya.
Perhatian khusus terhadap pasar penyejuk udara Thailand yang berkembang pesat, diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan yang cepat dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata (CAGR) sebesar 5,93%, diproyeksikan mencapai USD 1.645,21 juta pada tahun 2023, dan diharapkan akan melanjutkan tren kenaikannya hingga tahun 2029. Dalam beberapa tahun terakhir, sektor AC Thailand telah menyaksikan ekspansi dan inovasi yang signifikan.
Permintaan akan peralatan penyejuk udara dan pendingin di Thailand terutama berasal dari sektor perumahan, sementara juga dipengaruhi oleh sektor komersial dan industri, termasuk hotel, pusat perbelanjaan, dan fasilitas manufaktur.
Sektor Otomotif yang Menjanjikan
Sebagai eksportir terkemuka di ASEAN, Thailand berdiri tegak sebagai pusat produksi otomotif dan manufaktur suku cadang otomotif. Sebanyak 10% dari PDB negara berasal dari sektor ini, menjadikan Thailand sebagai eksportir kendaraan terbesar ke-12 di dunia.
Kisah otomotif di Thailand dimulai pada tahun 1960-an, dengan raksasa Jepang seperti Toyota dan Mitsubishi membuka jalan, kemudian diikuti oleh rekan-rekan Amerika dan Jerman. Trajektori ini membuat Thailand mendapat julukan “Detroit of Asia,” menjadi bukti kehebatan otomotifnya yang menggema dengan legenda Motor City.
Dalam kisah ketahanan di tengah kesulitan, sementara banyak sektor mengalami kemunduran selama pandemi, industri otomotif mempercepat laju pertumbuhannya. Pada tahun 2024, produksi mobil di negara ini diprediksi akan melampaui dua juta unit setiap tahunnya, dengan lonjakan visi ke arah kendaraan listrik (EVs) yang menandai setengah dari produksi lokal pada tahun 2030.
“Daya tarik Thailand bagi produsen otomotif dan pemasok komponen otomotif diharapkan akan melonjak, didorong oleh jangkauan pasar yang membesar dan dukungan pemerintah yang teguh,“ Mrs. Hataichanok Sivara, Direktur Thai Trade Center, Jakarta.
Di lanskap perdagangan global yang dinamis, kreativitas, kolaborasi, dan adaptabilitas memegang peranan penting. Narasi otomotif Thailand mencerminkan ethos ini, mengukuhkan statusnya tidak hanya sebagai pemain regional yang tangguh tetapi juga sebagai pemain global yang formidable di arena otomotif.
Ekonomi Thailand dan Industri Konstruksi
Dalam perekonomian Thailand, sektor konstruksi muncul sebagai salah satu sektor penting, mencakup usaha publik dan swasta. Dengan lebih dari 80% proyek publik yang didedikasikan untuk infrastruktur, cakupan sektor ini meluas untuk menciptakan rumah tinggal bagi personel pemerintah dan fasilitas publik vital lainnya.
Diproyeksikan selama periode 2024-2029, lanskap konstruksi Thailand direncanakan untuk naik secara signifikan, dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata (CAGR) yang melebihi 5%, meningkat dari estimasi USD 26,68 miliar pada tahun 2024 menjadi USD 34,05 miliar pada tahun 2029.
Mendorong laju pertumbuhan ini adalah meningkatnya permintaan akan perumahan, sebagaimana diungkapkan oleh Ibu Hataichanok Sivara, Direktur Thai Trade Center Jakarta. Selain itu, nafsu makan akan pengalaman makan dan belanja mendorong lonjakan konstruksi, dengan peningkatan restoran dan pusat perbelanjaan yang menjamur di seluruh negeri. Pembangunan kondominium mencerminkan tren ini, terutama di dan sekitar kota metropolitan Bangkok.
Saat Thailand menuju transformasi wilayah yang ditetapkan menjadi zona ekonomi khusus, dengan fokus yang tajam pada pengembangan industri, sektor konstruksi berada pada posisi yang siap untuk pertumbuhan yang cepat di bawah inisiatif pemerintah yang strategis ini.
Kehebatan industri Thailand tetap tak tergoyahkan, penuh dengan peluang inovasi, ekspansi pasar, dan kemajuan yang berkelanjutan, terutama dalam kolaborasi dengan para pengusaha dari Indonesia. Panggung telah disiapkan untuk usaha-usaha ini mendapatkan momentum selama acara “Thailand Industrial Business Matching” di Hotel Kempinski di Jakarta, 2 Mei 2024.
Menurut Mrs. Hataichanok Sivara, Direktur Thai Trade Center, Jakarta, acara ini bisa menggali potensi, bahkan, bisa diharapkan akan membentuk aliansi kemitraan yang strategis dan saling menguntungkan antara Thailand dan Indonesia, memupuk keunggulan industri dan membuka jalan bagi kemakmuran bersama. (*)