English English Indonesian Indonesian
oleh

Pasukan Israel Bunuh 7 Pekerja Amal WCK, Netanyahu: Hal Ini Terjadi dalam Perang

FAJAR, TEL AVIV—Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu merespons serangan pasukannya yang membunuh tujuh pekerja badan amal World Central Kitchen di Gaza.

Di tengah banyaknnya tekanan, termasuk Amerika Serikat serta sekutu lainnya yang meminta penjelasan, Netanyahu mengatakan bahwa Israel secara keliru membunuh tujuh orang itu.

Serangan terhadap konvoi World Central Kitchen menewaskan warga negara Australia, Inggris dan Polandia, serta warga Palestina dan warga negara ganda Amerika Serikat dan Kanada.

WCK, yang didirikan oleh koki selebriti Jose Andres, mengatakan stafnya bepergian dengan dua mobil lapis baja berlogo badan amal dan kendaraan lain, dan telah mengoordinasikan pergerakan mereka dengan militer Israel.

“Sayangnya di masa lalu ada peristiwa tragis di mana pasukan kami secara tidak sengaja melukai warga sipil di Jalur Gaza,” kata Netanyahu dalam sebuah pernyataan video dikutip dari The Japan Times.

Ia menyebut kesalahan seperti ini biasa terjadi. “Hal ini terjadi dalam perang. Kami sedang melakukan penyelidikan menyeluruh dan melakukan kontak dengan pemerintah. Kami akan melakukan segalanya untuk mencegah terulangnya hal serupa,” ujarnya.

Militer Israel menjanjikan penyelidikan dilakukan oleh badan independen, profesional dan ahli.

Setidaknya 196 pekerja kemanusiaan telah terbunuh di Gaza sejak Oktober, menurut PBB, dan Hamas sebelumnya menuduh Israel menargetkan lokasi distribusi bantuan.

Dalam panggilan telepon pada hari Selasa, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengatakan kepada Netanyahu bahwa Inggris terkejut dengan kematian tersebut, termasuk tiga warga Inggris, dan menuntut penyelidikan independen yang menyeluruh dan transparan, kata kantor Sunak. (amr)

News Feed