English English Indonesian Indonesian
oleh

Kompetisi Robot Asah Kreativitas Mahasiswa

*Hasanuddin Techno Fest #8

FAJAR, SUNGGUMINASA—Badan Eksekutif Himpunan Mahasiswa Elektro Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (BEM FT-UH) kembali menggelar Hasanuddin Techno Fest #8. Salah satu rangkaian kegiatannya kompetisi robot karya mahasiswa.

Nama eventnya, Celebes Robot Contest, dipusatkan di aula Kampus Teknik Unhas, Gowa. Robot terbaik yang bisa membantu pekerjaan manusia adalah pemenangnya.

Ketua Panitia Hasanuddin Techno Fest #8, Muhammad Fadhli Musaid, Jumat 8 Maret 2024 mengatakan event ini memperlihatkan karya mahasiswa teknik elektro, di antaranya robot. Karya dipertandingkan, pemenangnya nanti bakal diikutkan konteks robot secara nasional.

Bahkan, lanjutnya, juga dipersiapkan untuk kompetisi di ajang internasional. Apalagi, setiap tahunnya, FT UH mengutus perwakilan ke lomba elektro internasional.

“Kami setiap tahun hampir dibilang selalu mendapatkan juara dan mengharumkan nama fakultas dan kampus,” ucapnya.

Dekan FT Unhas, Prof Isran Ramli mengatakan perkembangan informasi dan teknologi telah berkembang pesat. Hal ini ditandai dengan majunya teknologi. Maka, untuk menjawab tantangan global, mahasiswa elektronik Unhas melihat peluang dan menciptakan inovasi.

Di antaranya menciptakan robot, juga membuat essay nasional terkait teknologi. “Bahkan kami juga mengundang pemateri yang faham akan teknologi,” tambahnya.

Teknologi-teknologi tersebut, lanjut dia, tentunya membutuhkan energi agar dapat beroperasi. “Nah saat ini, permasalahan energi di dunia bisa dibilang adalah masalah yang besar. Makanya, penjaminan akses energi yang dapat dijangkau dan berkelanjutan merupakan salah satu topik utama kita,” ucapnya.(wis/lin))

News Feed