English English Indonesian Indonesian
oleh

Ada Fenomena Generasi Muda Enggan Menikah, Berikut Kumpulan Penyebabnya

JAKARTA, FAJAR–Fenomena enggan menikah merupakan dampak dari tantangan yang lebih kompleks yang harus dihadapi generasi muda. Hidup makin banyak problem.

“Masalah struktural ini yang membuat generasi kontemporer (generasi muda) berpikir ulang untuk menikah dan ini bukan terjadi di Indonesia saja tapi fenomen global,” kata Direktur Youth Studies Center UGM Oki Rahadianto Sutopo. 

Pertama terkait masalah finansial. Ada pandangan di dalam pernikahan membutuhkan pendapatan yang stabil. Kondisi sekarang sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang memberikan pendapatan yang stabil.
Lebih banyak pekerjaan yang tidak membutuhkan pekerja tetap. Inilah yang menjadi alasan yang kerap diutarakan untuk menunda atau tidak menikah.

Masalah kedua adalah kemampuan generasi muda memiliki hunian juga sulit. Sebab, harga hunian meningkat. Padahal, salah satu kebutuhan dasar adalah papan atau tempat tinggal. 

“Selain itu, semakin bervariasi gaya hidup dan pilihan dalam menjalani kehidupan,” tutur Dosen Program Studi Sosiologi UGM itu.

Maraknya penggunaan media sosial menambah referensi gaya hidup seseorang. Sementara pernikahan sebagai institusi lama yang mencoba eksis. Melihat kondisi masyarakat sekarang masuk pada modernitas lanjut, maka pernikahan bukan sebuah keharusan.

Alasan-alasan ini juga yang menyebabkan perceraian cukup marak. Terutama pada pernikahan baru. “Kehidupan terkait relationship, pernikahan, atau living together dipaksa mengikuti pergeseran dalam gaya hidup,” tutur Oki.

Dengan perubahan pandangan dan cara hidup masyarakat sekarang membuat pemaknaan soal pernikahan berubah juga. “Sekarang menikah tidak cukup dengan cinta saja. Lebih banyak tarik ulurnya,” imbuhnya. 

News Feed