English English Indonesian Indonesian
oleh

Dicap Seperti Hitler, PM Israel Marah ke Presiden Brasil, Hamas Memuji

FAJAR, TEL AVIV—Israel menuduh Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva meremehkan Holocaust dan menyinggung orang-orang Yahudi setelah ia menyamakan perang Israel melawan militan Hamas di Gaza dengan genosida Nazi selama Perang Dunia Kedua.

“Apa yang terjadi di Jalur Gaza dengan rakyat Palestina tidak ada bandingannya dengan momen-momen bersejarah lainnya. Faktanya, hal itu memang ada ketika Hitler memutuskan untuk membunuh orang-orang Yahudi,” kata Lula kepada wartawan pada KTT Uni Afrika ke-37 di Addis Ababa.

Kementerian Luar Negeri Israel di Yerusalem mengatakan akan memanggil duta besar Brasil terkait pernyataan tersebut, yang digambarkan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebagai hal yang “memalukan dan serius”.

“Ini adalah sebuah upaya untuk meremehkan Holocaust dan sebuah upaya untuk menyerang orang-orang Yahudi dan hak Israel untuk membela diri. Membuat perbandingan antara Israel dan Nazi dan Hitler adalah tindakan melewati garis merah,” tegas Netanyahu dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, Hamas memuji Lula yang telah membandingkan perang Israel di Gaza dengan Holocaust yang dilakukan pemimpin Nazi, Adolf Hitler, terhadap orang-orang Yahudi.

“Pernyataan ini adalah gambaran akurat mengenai apa yang dihadapi rakyat kami dan mengungkapkan besarnya kejahatan Israel yang dilakukan dengan kedok dan dukungan terbuka AS,” kata Hamas dalam sebuah pernyataan dikutip dari TRT World.

Hamas mendesak Mahkamah Internasional (ICJ) untuk mempertimbangkan komentar presiden Brasil tersebut “mengenai pelanggaran dan kekejaman terhadap rakyat Palestina…yang belum pernah terjadi dalam sejarah modern.”

News Feed